Penanganan Banjir di Riau, Seperti Ini Solusi Danrem Syech

Penanganan Banjir di Riau, Seperti Ini Solusi Danrem Syech

14 Januari 2022
 Danrem 031 Wira Bima, Brigjen, TNI M Syech Ismed

Danrem 031 Wira Bima, Brigjen, TNI M Syech Ismed

RIAU1.COM - Pola pikir terkait penangan banjir di Provinsi Riau harus diubah. Selama ini penanganannya setelah terjadi banjir, bukan pada antisipasi penyebab terjadinya banjir.

Pernyataan tersebut disampaikan Danrem 031 Wira Bima, Brigjen, TNI M Syech Ismed SE MHan, saat coffee morning bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau.

Sesuai informasi dari seluruh tim atau personil jajaran Korem 031 Wira Bima yang ada di berbagai daerah di Riau, kata Syech, musibah banjir ini lebih pada penanganan setelah terjadinya banjir dan tidak pada antisipasi penyebab terjadinya banjir.

"Artinya, mindset ini harus diubah dan harus ditingkatkan lagi secara bersama-sama, terutama pihak terkait yang ada di kabupaten/kota terkait koordinasi dengan tPemprov Riau maupun pihak terkait lainya," kata Syech.

Terkait hulu banjir, jelas Danrem Syech, karena terjadinya pendangkalan sungai, dah hal ini seharusnya menjadi perhatian lebih untuk dinormalisasi. Terutama pada wilayah-wilayah atau daerah yang rawan terjadi banjir.

Pendangkalan sungai ini, juga harus menjadi perhatian setiap saat dan tidak hanya diwaktu musim hujan. Artinya, meski musim kemarau tetap diperhatikan, dan inilah kesempatan untuk melakukan normalisasi. Sehingga, ketika musim hujan atau curah hujan tinggi bisa menampung debit air dan banjir bisa dicegah.

“Saya harap ini juga menjadi masukan bagi pemerintahan kita kedepan. Sebelumnya, saya juga sudah membahas dengan pihak balai pengawasan sungai yang akan melakukan normalisasi sungai pada tahun 2022 ini. Ini cukup bagus agar banjir bisa diatasi dengan baik. Terutama untuk masyarakat kita yang  berada di kawasan sungai," ungkap Syech.

Lebih jauh jdia mengatakan, untuk mengantisipasi banjir ini juga bisa dilakukan seperti permasalahan lain. Seperti permasalahan Karhutla dan lainya yang bisa di atasi sejak dini.

"Meski berbeda permasalahan, tapi juga bisa dilakukan pencegahan sejak dini. Kuncinya ada pada hulu penyebabnya yang harus kita kejar secara bersama-sama, seperti yang dilakukan selama ini dalam menghadapi berbagai permasalahan," ujar Syech.