Menurut Wagubri, Tingkat Pemahaman Masyarakat yang Rendah Pengaruhi Capaian Vaksinasi di Riau

Menurut Wagubri, Tingkat Pemahaman Masyarakat yang Rendah Pengaruhi Capaian Vaksinasi di Riau

3 Desember 2021
Wagubri, Edy Natar/Net

Wagubri, Edy Natar/Net

RIAU1.COM - Hingga Kamis 2 Desember 2021, capaian vaksinasi di Provinsi Riau baru 4 Kabupaten/Kota yang berada di atas 50%. Kabupaten/kota tersebut adalah Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kabupaten Bengkalis. 

Artinya cakupan vaksinasi tersebut cenderung masih rendah dan perlu peningkatan kesadaran masyarakat tentang hal itu. Demikian diungkap Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution. 

"Kita masih tetap terus mencoba menggesa itu dengan melibatkan beberapa pihak supaya kesadaran dalam masyarakat ini memingkat," kata Edy Natar, Kamis (2/12).

Menurut Wagubri, hal tersebut tidak mudah, karena sebagian masyarakat masih memahami bahwa seakan-akan vaksin tidak mempunyai pengaruh sedikitpun. 

"Tetapi hal ini harus kita berikan informasi yang sehat ditengah-tengah banyaknya berita atau informasi yang menyebar dan sangat mempengaruhi sebagian masyarakat kita yang tingkat pemahamannya rendah," ujarnya. 

Wagubri juga mengajak untuk memberi pemahaman secara baik kepada masyarakat sehingga betul-betul paham ditengah berita hoax yang menyebar begitu banyak dan memprovokasi. Penjelasan tersebut bisa dengan analogi yang mudah dipahami masyarakat.

"Pemahaman ini hanya bisa diberikan penjelasan-penjelasan yang dianalogikan, kalau saya selalu menganalogikan seperti atlit tinju," ujar Wagubri.*