Pendidikan Vokasi di Riau Telah Dipersiapkan untuk Kebutuhan Industri

Pendidikan Vokasi di Riau Telah Dipersiapkan untuk Kebutuhan Industri

3 Desember 2021
ilustrasi (Foto:Surya.co.id)

ilustrasi (Foto:Surya.co.id)

RIAU1.COM - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menerangkan, untuk mempersiapkan kualitas SDM, Pemprov Riau telah mempersiapkan pendidikan vokasi. Bahkan sudah mempersiapkan SMK untuk bekerja sama dengan perusahaan di Riau dalam mengembangkan skil para siswa.

Ia menyebutkan, hal ini tujuannya agar siswa yang tamat SMK kalau tidak melanjutkan pendidikan, bisa bekerja langsung di perusahaan yang sesuai dengan bidang kompetensinya.

"Kita juga berupaya menyiapkan tenaga kerja luar negeri, SDM Riau yang bisa bersaing di luar negeri," kata dia pertengahan pekan ini.

Kemudian Gubri juga, berharap ke depannya dunia industri di Riau terbuka menyampaikan bidang kompetensi yang dibutuhkannya untuk calon karyawannya kepada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau. Sehingga anak-anak Riau bisa dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan industri.

Lalu ia juga meminta kabupaten/kota di Riau untuk menyiapkan anak-anak Riau yang menempuh pendidikan untuk siap pakai di dunia kerja. Sehingga diharapkan dapat membawa kemajuan bagi bangsa dan negara, khususnya untuk Provinsi Riau.

"Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu Pemda untuk menyiapkan tenaga kerja di Riau," ujarnya.

Loading...

Gubri menerangkan, SDM Riau ini tidak kalah dari SDM dari daerah lainnya, termasuk juga dalam pengelolaan minyak. Hal ini sebut Gubri, karena masyarakat Riau sudah banyak yang memiliki pengalaman dan bahkan banyak pula yang bekerja di perusahaan besar di luar negeri.

Oleh karena itu menurutnya, zaman sekarang ini semua pihak harus bekerja sama untuk mempersiapkan SDM yang unggul dan berkompetensi sehingga mampu bersaing di dunia kerja.

"Pada masa transisi Blok Rokan kemarin banyak yang menemui saya untuk pengelolaannya, saya sampaikan bahwa tenaga SDM Riau tidak kalah dari daerah lain. Saya kira Riau sudah siap mengelola Blok Rokan," tuturnya.*