Riau Salah Satu dari 13 Provinsi Prioritas Nasional dalam CSIRT 2021

Riau Salah Satu dari 13 Provinsi Prioritas Nasional dalam CSIRT 2021

26 Oktober 2021
Kepala BSSN, Letnan Jenderal TNI (purn) Hinsa Siburian dalam arahannya

Kepala BSSN, Letnan Jenderal TNI (purn) Hinsa Siburian dalam arahannya

RIAU1.COM - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letnan Jenderal TNI (purn) Hinsa Siburian menilai, Riau adalah satu diantara provinsi terbaik dan sudah siap untuk mengaplikasikan teknologi Computer Security Incident Response Team Provinsi Riau (Riauprov-CSIRT).

Seperti diketahui, Riauprov-CSIRT dibesut oleh Pemprov Riau dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bertujuan untuk mendorong terciptanya sistem keamanan data dan informasi yang handal di lingkungan Pemprov Riau.

"Kesiapan Riau termasuk yang terbaik, saya beberapa instansi saya hadir. Kan bisa dilihat dari tampilan, kalau ini (Pemprov Riau) saya lihat tadi sudah sangat siap apa yang ditampilkannya," kata Hinsa Siburian dalam acara peluncuran Riauprov-CSIRT.

Dia menambahkan, ia menilai kesiapan Riau dalam Riauprov-CSIRT dilihat dari segi SDM dan dari segi sarana dan prasarana serta teknologinya.

"Kan bisa terlihat itu dari video yang ditayangkan itu, orang-orang nya sudah langsung praktek dan bagaimana orang-orangnya sudah langsung melakukan simulasi kalau ada serangan itu," tuturnya.

Dari awal BSSN, sambung dia sudah bekerja sama dengan pemerintah daerah Provinsi Riau merencanakan pembangunan Riauprov-CSIRT. Sehingga Riau terpilih sebagai salah satu dari 13 provinsi dalam program prioritas nasional pembentukan CSIRT 2021.

"Kemudian hari ini kita launching dan ke depan juga bekerja sama akan lanjut terus dalam rangka pembinaan SDM nya. Dengan cara asistensi teknik dan mendukung jika terjadi hal-hal dikatakan serangan itu (serangan siber) kita akan bantu juga dari pusat," sebutnya.*