Wujudkan Keamanan Data dan Informasi, Pemprov Riau Luncurkan Riauprov-CSIRT

Wujudkan Keamanan Data dan Informasi, Pemprov Riau Luncurkan Riauprov-CSIRT

26 Oktober 2021
Kadiskominfotik Riau, Chairul Riski

Kadiskominfotik Riau, Chairul Riski

RIAU1.COM - Bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Pemerintah Provinsi Riau meluncurkan Computer Security Incident Response Team Provinsi Riau (Riauprov-CSIRT).

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Riau, Chairul Riski menyampaikan bahwa dasar kegiatan ini berdasarkan Perpres Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Selanjutnya surat Kepala BSSN nomor T.01/KA.BSSN/PP.01.07/01/2021 tentang hal penunjukan instansi pemerintah dalam program CSIRT dan Provinsi Riau terpilih sebagai salah satu dari 13 provinsi dalam program prioritas nasional pembentukan CSIRT 2021.

"Dasar kegiatan ini juga berdasarkan keputusan Gubernur Riau nomor Ktps.268/III/2021 tentang pembentukan tim tanggap insiden siber Provinsi Riau yang diketuai oleh Kadiskominfotik Riau," ucapnya.

Kemudian Chairul Riski menerangkan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Riauprov-CSIRT di lingkungan Pemprov Riau dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Riau. Kemudian, mesosialisasikan tugas umum Riauprov-CSIRT dalam mendorong terciptanya sistem keamanan data dan informasi yang handal di lingkungan Pemprov Riau.

Ia melanjutkan, adapun tugas utama Riauprov-CSIRT adalah untuk membangun, mengkoordinasikan, mengkolaborasikan, dan mengoperasikan sistem mitigasi, manajemen krisis, penanggulangan, dan pemulihan terhadap insiden keamanan siber di lingkungan Pemprov Riau.

Loading...

Selanjutnya, juga untuk membangun kerja sama dalam rangka penanggulangan dan pemulihan terhadap insiden keamanan siber di lingkungan Pemprov Riau

Lalu, mengelola permasalahan dan membangun skema lingkungan untuk mengurangi kerusakan atau kerugian insiden keamanan informasi pada konstituen.

"Kemudian, membangun kapasitas sumber daya penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber di lingkungan Pemprov Riau. Seluruh informasi terkait profil dan layanan Riauprov-CSIRT dapat diakses melalui website https://csirt.riau.go.id," ujarnya.

Berikutnya, peluncuran Riauprov-CSIRT ini ditandai dengan penyerahan surat tanda registrasi CSIRT, oleh BSSN kepada pemerintah Provinsi Riau. Dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama pemanfaatan sertifikat elektronik antara Balai Sertifikat Elektronik BSSN dengan Pemprov Riau.*