f DLHK Riau Klaim Pencegahan Karhutla dengan Sekat Kanal Berhasil | RIAU1.COM
//riau1.com/

#riau

DLHK Riau Klaim Pencegahan Karhutla dengan Sekat Kanal Berhasil

R1/wira


Lahan gambut di Riau/Net Lahan gambut di Riau/Net

RIAU1.COM - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau tahun ini akan membangun 100 sekat kanal di tiga daerah. 

www.jualbuy.com

Baca Juga: Ada Kesepakatan Khusus Pemkab Meranti dengan Pemkab Karimun Bidang Kesehatan

"Tahun ini kita bangun 100 sekat kanal di tiga daerah, yaitu di Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis dan Kota Dumai," kata Kepala DLHK Riau, Mamun Murod didampingi Kepala Seksi Restorasi Gambut, Irzal Fakhrozi.

Dia mengatakan, pembangunan sekat kanal tersebut merupakan padat karya. Dimana pekerjaannya murni dilakukan oleh kelompok masyarakat (Pokmas) sekitar. 

"Jadi tidak ada kita yang mengerjakan, atau menggunakan konsultan. Tapi benar-benar dikerjakan oleh Pokmas. Begitu juga anggaran pengerjaan sekat kanal dibayar melalui non tunai (transfer)," ujarnya. 

Selain itu, pihaknya juga tahun ini melakukan pemeliharaan 1.800 sumur bor di lokasi rawan Karhuta. Sebab mesin bor ini perlu diperawatan dan dijaga agar tidak rusak. 

"Itu semua bagaimana kita menjaga gambut tetap basah, sehingga tidak mudah terbakar saat musim kemarau, dengan harapan bisa menekan kebakaran lahan gambut yang terjadi setiap tahun," paparnya. 

Dengan begitu, lanjut Murod, diharapkan sekat kanal bisa membantu pencegahan Karhutla, karena lahan gambut tetap terjaga kebasahannya. 

"Makanya sekarang itu malah terbalik, biasa kebakaran sering terjadi di gambut, sekarang kebanyakan di daratan. Artinya upaya pencegahan Karhutla dengan sekat kanal berhasil," ungkapnya. 

Baca Juga: KKBM Periode 2021-2025 Dilantik, Bupati M Adil Titip Pesan Kerukunan

"Sedangkan tujuan akhir dari upaya pencegahan Karhutla di Riau, yakni meningkatkan indeks kualitas lingkungan hidup, dan mengurangi emisi rumah kaca," tukasnya.*





Loading...
loading...