Satgas Pencegahan Karhutla di Riau akan Sampai ke Tingkat Desa

Satgas Pencegahan Karhutla di Riau akan Sampai ke Tingkat Desa

14 Juni 2021
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Pemerintah Provinsi Riau dalam waktu dekat akan mengeluarkan surat edaran gubernur riau, yang ditujukan ke seluruh kabupaten kota di Riau terkait pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Adapun surat edaran gubernur tersebut, berisi instruksi kepada kabupaten kota agar segera membentuk Satgas pencegahan dan penanganan Karhutla dari tingkat kabupaten hingga ke tingkat desa.

"Suratnya masih dalam proses, jadi surat edaran gubernur itu meminta kepada kabupaten kota agar membentuk Satgas hingga ke tingkat desa," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edy Afrizal, Senin 14 Juni 2021.

Edy memastikan, saat ini belum ditemukan ada kebakaran hutan lahan di Riau. Meskipun diakuinya ada titik panas yang terpantau. Namun setelah dilakukan pengecekan tidak ditemukan ada kebakaran lahan di lokasi titik panas tersebut.

"Hari ini titik api tidak ada, hanya titik panas saja," katanya.  

Sambung dia Edy, pihaknya bersama Satgas Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan di Riau.  

Diantaranya adalah dengan mengaktifkan kembali patroli udara untuk memantau sejak dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Riau. Dengan patroli ini diharapkan petugas bisa langsung melakukan pemadaman jika ditemukan titik api yang baru muncul. 

"Kita mulai mengefektifkan patroli udara, kemudian kawan-kawan di kabupaten kota juga sudah kita minta untuk melakukan patroli rutin mendeteksi secara dini terjadi kebakaran lahan di wilayahnya masing-masing," pungkasnya.