Usai Bertemu Gubri, Wamen Perdagangan Segera ke Riau

Usai Bertemu Gubri, Wamen Perdagangan Segera ke Riau

11 Juni 2021
Gubri Syamsuar dan Wamen Perdagangan Jerry Sambuaga

Gubri Syamsuar dan Wamen Perdagangan Jerry Sambuaga

RIAU1.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bertemu dengan Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan Jerry Sambuaga di ruang kerja Wamen, Gedung Kementerian Perdagangan RI, Jakarta, Jum'at 11 Juni 2021 siang.

Dalam pertemuan tersebut, Syamsuar antara lain menyampaikan soal Pelabuhan Dumai yang saat ini tidak lagi berfungsi sebagai pelabuhan impor sembako. Akibatnya, lebih dari 5 ribu orang kini menganggur. 

"Dulu Pelabuhan Dumai ini berfungsi sebagai pelabuhan impor sembako. Tapi sekarang tidak lagi. Kami berharap dapat difungsikan kembali," harap Gubri.

Kemudian tambah dia menjelaskan, bahwa kini impor sembako untuk Riau harus melalui Pelabuhan Belawan, dimana jaraknya cukup jauh, sehingga juga menambah cost (biaya).

"Jika biaya bertambah, tentu harga juga jadi naik. Dari Pelabuhan Belawan ke Riau jika ditempuh lewat darat lebih dari 15 jam. Kalau bisa lewat Pelabuhan Dumai, tentu lebih murah dan lebih 5 ribu tenaga kerja yang kini menganggur bisa kembali bekerja seperti dulu," papar Syamsuar.

Gubri Syamsuar juga menyampaikan usulan revitalisasi pasar, pengembangan pasar wisata dan pasar induk Kota Pekanbaru. Termasuk soal perdagangan ekspor dan impor di Riau.

Menanggapi aduan Gubri Syaamsuar, Wamen Jerry menyebut akan mempelajari semua permasalahan dan harapan yang disampaikan," Terkait Pelabuhan Dumai itu, jika memang bisa untuk impor sembako, kenapa tidak," katanya.

Wamen pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa ada rencana pembangunan pabrik pengolahan air kelapa hibrida. Dimana rasa dan kandungannya sama sekali tidak berubah.

"Jadi ini teknologinya sudah ada dari Prancis. Tinggal kita menyiapkan kelapa hibridanya. Kalau lahannya sudah tersedia di Riau, ya apalagi," ujar Wamen.

Sebab itu, Wamen berjanji segera melakukan kunjungan kerja ke Riau. "Paling lambat Juli nanti kami Riau, Pak Gubernur," tuturnya***