1 Juli Sekolah Tatap Muka Kembali dibuka, Pengamat Pendidikan Riau Minta Hal ini

1 Juli Sekolah Tatap Muka Kembali dibuka, Pengamat Pendidikan Riau Minta Hal ini

10 Juni 2021
Foto (net)

Foto (net)

RIAU1.COM - Pengamat pendidikan dari Universitas Riau, Afrianto Daud memberikan sejumlah catatan menjelang dibukanya sekolah tatap muka pada 1 Juli 2021 nanti.

Daud meminta sekolah sudah harus menyiapkan perangkat dan fasilitas protokol kesehatan (prokes), seperti satgas Covid-19 di tingkat sekolah. Kemudian, perlengkapan perlindungan lain seperti pengukur suhu tubuh dan faceshield.

"Termasuk juga melakukan disinfektan ruangan (kelas) dan ssgala macam. Hal-hal yang bersifat prokes," kata Daud, Kamis 10 Juni 2021.

Catatan lain, kata Daud, dia meminta sekolah mengatur jadwal pembelajaran tatap muka dengan baik. Seperti yang telah diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, sekolah hanya diperbolehkan selama 2 jam.

"Artinya, jangan sampai timbul klaster baru di sekolah," kata dia.

Yang tak kalah pentingnya, tegas Daud, harus penegakan dan pelaksanaan prokes di sekolah harus konsisten. Artinya, harus terlaksana prokes dari awal dan seterusnya.

"Awal-awal kita patuh, tapi di tengah jalan lalai. Covid-19 ini, selama belum habis selalu ada kemungkinan kita kena. Jangan sampai semangat hanya di awal-awal," tegas Daud.