RUED 2020-2025 Riau Diyakini Upaya Jamin Ketersediaan Energi di Masa Depan

RUED 2020-2025 Riau Diyakini Upaya Jamin Ketersediaan Energi di Masa Depan

16 April 2021
Ilustrasi (Foto: Antara)

Ilustrasi (Foto: Antara)

RIAU1.COM - Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi Riau 2020-2050 merupakan dokumen perencanaan dan pengelolaan energi yang diharapkan menjadi Peraturan Daerah supaya menjadi solusi pengelolaan energi Riau secara optimal terpadu dan berkelanjutan.

Pernyataan tersebut disampaiakn Gubernur Riau, Syamsuar dalam Rapat Paripurna DPRD Riau, Kamis 15 April 2021.

"Kita harapkan menjadi solusi sebagai energi baru, terbarukan dan pemanfaatan energi secara efisien disemua sektor serta akan menjamin ketersediaan energi masa depan di daerah," kata Syamsuar.

Sambung dia, dengan cara mendukung rencana pembangunan daerah termasuk kawasan industri dan juga sebagai dasar daerah untuk mengajukan anggaran melalui Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk perkembangan infrastruktur energi daerah.

"Terutama perkembangan infrastruktur energi daerah yang baru terbarukan supaya masyarakat Riau memperoleh akses energi yang merata, adil, transparan," ujarnya.

"Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita, dimana seharusnya keberadaan energi menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi dan PDRB perkapita," pungkasnya.**