KIT dan KITB Bagian dari Program RPJMN, Pembangunan Dilakukan Bertahap

KIT dan KITB Bagian dari Program RPJMN, Pembangunan Dilakukan Bertahap

11 April 2021
Kadisperindagkop Riau, Asrizal

Kadisperindagkop Riau, Asrizal

RIAU1.COM - Dari 33 kawasan industri yang masuk program strategis Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), dua diantaranya berada di Riau, yakni Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) di Siak dan Kawasan Industri Tenayan Raya (KIT) Pekanbaru. 

"Ada dua kawasan industri di Provinsi Riau masuk RPJMN. Itu KIT dan KITB," kata Asrizal, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop-UKM) Ria belum lama ini.

Hanya saja, tambah Asrizal, dalam proses pembangunannya akan dilakukan bertahap. Karena di pemerintah pusat memiliki penilaian skala prioritas sesuai kebutuhan. 

Dengan masuknya dua kawasan industri itu di RPJMN, tambah Asrizal, maka infrastruktur untuk membangun kawasan industri ditangani oleh kementerian terkait. 

Loading...

"Misalnya terkait jalan, jembatan dan air bersih, maka itu menjadi program kegiatan Kementerian PUPR. Sedangkan penyediaan jaringan listik kewenangan Kementerian ESDM," sambung dia.

"Tapi pembangunannya tetap dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan dan prioritas. Seperti tahun ini ada dua Power Plant masuk di KIT. Kemudian di KITB ada penyediaan air baku tahun 2022," demikian Asrizal.**