Memajukan Dakwah Hingga Ekonomi, Pulau Rupat Dikonsep jadi Pulau Zakat

Memajukan Dakwah Hingga Ekonomi, Pulau Rupat Dikonsep jadi Pulau Zakat

19 Januari 2021
Saat pertemuan

Saat pertemuan

RIAU1.COM - Dalam rangka mematangkan Konsep Pulau Zakat di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, Pemerintah Provinsi Riau mengadakan pertemuan bersama pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau di Gedung Lancang Kuning, Selasa, 19 Januari 2021.

Pertemuan tersebut dipimpin langsung Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy. Usai pertemuan, Masrul Kasmy mengatakan bahwa Pulau zakat merupakan permintaan dari Baznaz Provinsi Riau yang sudah mendapatkan respon dan dukungan Gubernur Riau Syamsuar.

"Program ini sebenarnya sudah mendapatkan dukungan dari pak Gubernur agar menggagas sebuah pulau untuk dijadikan sebagai pulau zakat," kata dia.

Tambah dia menjelaskan, bahwa program pulau zakat merupakan hal baru yang akan dibuat di satu pulau di wilayah Riau, yang mana fokus nanti untuk penerapan dari asnaf maupun muzakki serta nanti pemanfaatan zakatnya dikelola dan bisa digunakan untuk kemaslahatan umat terutama dipulau rupat itu sendiri.

"Program ini akan diterapkan di Pulau Rupat yang saat ini didorong sebagai pulau zakat, dalam waktu dekat kita akan turun untuk melihat langsung lokasinya," ujarnya.

Kemudian dia juga menerangkan, bahwa dibentuknya dari pulau zakat tersebut yaitu intervensi meningkatkan dakwah, pendidikan dan perekonomian yang ada. Sehingga perlu bersinergi dari masing masing unsur, baik itu pemerintahan maupun swasta termasuk dari badan zakat sendiri.

"Tentu ini nanti akan menjadi model kedepannya dan konsep ini diterima secara luas dengan dukungan dari OPD-OPD sehingga dapat dimasukkan kedalam programnya didaerah," tuturnya.

Loading...

Sementara itu Ketua Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Riau Dr. Saidul Amin mengatakan, program pulau zakat di Rupat yakni sebagai pusat Pendidikan, Dakwah dan Ekonomi. Bahkan sudah di siapkan lahan 2 hektar untuk program tersebut

"Bidang pendidikan akan dibangun pasantren dan pusat rehabilitasi narkoba, pusat dakwah akan dikirim da'i, sedangkan program ekonomi dengan memberikan bantuan kapal nelayan, tambak udang pename dan alat tangkap ikan bagi warga setempat," kata Saidul Amin.

Selain di pulau Rupat sambung Saidul Amin, program pulau zakat telah berjalan di Pulau Mendul Kabupaten Pelalawan. Dimana sudah di siapkan mualaf center. 

Selain Plh Sekda, pertemuan dihadiri kepala Dinas Pendidikan Zul Ikram Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Asrizal, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Herman dan Kabid pemerintahan dan sumberdaya manusia Bappedalitbang Herianto, komisioner Baznas Dr. Yahnan ***