Rumah Kreatif di Kampung Wisata Patin Kampar Dapat Bantuan Puluhan Juta

Rumah Kreatif di Kampung Wisata Patin Kampar Dapat Bantuan Puluhan Juta

4 Desember 2020
Saat penyerahan bantuan

Saat penyerahan bantuan

RIAU1.COM - PT PLN Riau dan Kepri menyerahkan bantuan bagi Rumah Kreatif Kampung Patin yang berlokasi di Desa Koto Mesjid, Kabupaten Kampar 3 Desember 2020.

Adanya Rumah Kreatif Kampung Patin ini merupakan upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Kami berharap adanya Rumah Kreatif Kampung Patin ini dapat menjadi wadah bagi pelaku UMKM di sekitar desa Koto Mesjid untuk memasarkan produknya dan juga sekaligus mampu menjadi sentra edukasi dengan pemberian materi-materi pelatihan yang sesuai sehingga dapat membentuk UMKM yang berkualitas,” kata manajemen PLN Riau Kepri Dispriansyah.

Program CSR PLN Peduli Berkelanjutan Tahun 2020 ini memberikan bantuan Pengembangan Rumah Kreatif sebesar Rp54,1 juta rupiah kepada salah satu penggagas sekaligus Pembina Rumah Kreatif Kampung Patin, Doni Mariandi. 

Loading...

"Pada kesempatan ini kami berterimakasih kepada PLN yang telah memberikan bantuan bagi Rumah Kreatif ini. Dimulai tahun 2019 sebesar Rp64 juta, kami mendapatkan bantuan program bina lingkungan dari PLN, dan bantuan tersebut kami fokuskan untuk pengadaan alat kerja dasar dan pengembangan produk, Sehingga di tahun 2020 ini kami sudah dapat berkembang dengan hadirnya beberapa produk unggulan, bantuan dari PLN sendiri kami optimalkan untuk merenovasi galeri dan penambahan peralatan kerja. Harapannya di tahun depan bantuan dari PLN akan kami fokuskan pada peningkatan modal kerja dan pelatihan menciptakan tenaga kerja yg mumpuni," kata Doni.

Dijelaskan oleh Doni, saat ini Rumah Kreatif Kampung Patin beranggotakan 21 orang yang produktif, dan terbagi menjadi beberapa unit, seperti unit pengolahan bahan baku bekas, unit rumah rajut vicraft, unit rumah dekla nabila, unit rumah dekla alfatih, dan unit rumah fiber kayu besi.