Ketika Sultan Hamengkubuwono IX Selamatkan Pendidikan Anak-Anak Riau

Ketika Sultan Hamengkubuwono IX Selamatkan Pendidikan Anak-Anak Riau

10 Juli 2020
Sri Sultan Hamengkubuwono IX (foto: Istimewa/internet)

Sri Sultan Hamengkubuwono IX (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Memasuki era 1950-1960an, nama Sultan Yogyakarta begitu harum di mata masyarakat Riau.

Pasalnya di era Sultan Hamengkubuwono IX, ratusan mahasiswa asal Riau diselamatkannya dari pergolakan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) saat menimpa bumi Lancang Kuning dinukil dari lamriau.id, Jumat, 10 Juli 2020.

Peristiwa PRRI membuat mahasiswa Riau mengalami kesulitan keuangan lantaran kiriman untuk menghidupi mereka selama di Yogyakarta terhambat.

Peristiwa ini membuat Sri Sultan Hamengkubuwono IX tertegun. Dia bersedia menampung, memberikan bantuan hingga mahasiswa Riau menamatkan kuliah.

Alhasil, jasa-jasa Sultan Hamengkubuwono IX itu dibalas dengan mendapatkan gelar kehormatan adat Sri Amanah Dwi Wangsa dari Lembaga Adat Melayu Riau yang diterima Sultan Hamengkubuwono X.

Loading...

Untuk diketahui, PRRI merupakan salah satu gerakan pertentangan antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat (Jakarta).

Dideklarasikan pada tanggal 15 Februari 1958 dengan keluarnya ultimatum dari dipimpin oleh Letnan Kolonel Ahmad Husein di Padang, Sumatra Barat.

Terjadi di provinsi Sumatra Tengah mencakup wilayah provinsi Sumatra Barat, Riau yang kala itu masih mencakup wilayah Kepulauan Riau, dan Jambi.