Banyak Nilai Budaya yang Belum Tergali, Di Podcast Riau24 Channel Kadisbud Riau Ajak Kabupaten/Kota Bersinergi

Banyak Nilai Budaya yang Belum Tergali, Di Podcast Riau24 Channel Kadisbud Riau Ajak Kabupaten/Kota Bersinergi

6 Juli 2020
Saat podcast

Saat podcast

RIAU1.COM - Berdiri sendirinya Dinas Kebudayaan sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sebelumnya tergabung dalam berbagai OPD, kata Yoserizal Zein selaku Kadisbud Riau, bertolak dari semangat menjadikan Riau sebagai pusat budaya Melayu di Asia Tenggara.

"Memang Dinas Kebudayaan berdiri sendiri berangkat dari semangat menjadikan Riau sebagai pusat Kebudayaan di Asia Tenggara," kata Yoserizal dalam podcast Riau24 channel, Senin 6 Juli 2020.

Ke depan, terang dia, Dinas Kebudayaan harus menjangkau dan melibatkan Dinas-dinas lain dalam upaya mengoptimalkan menggali dan mengembangkan budaya yang ada di Riau. Juga, kata dia, bagaimana pemerintah kabupaten/kota juga bersinergi dengan pemerintah provinsi.

"Budaya itu ada yang bersifat benda dan tak benda. Riau sudah ada 41 yang sudah diakui Kementerian Kebudayaan. Kita juga minta dukungan dari kabupaten/kota. Ada kabupaten/ kota yang hanya menyampaikan judul tentang kebudayaan dari daerahnya, tapi tanpa kajian yang bisa ditelusuri. Itu salah satu kekurangan kita saat ini," ujarnya.

"Sebab itu kita minta lengkapi dokumen. Kita seirama seiring sejalan. Budaya kan identitas. Kita sering ribut kalau budaya kita di klaim negara lain. Budaya adalah sesuatu yang abadi nilai, kebiasaan berpola dan tradisi. Kita harus seriusi ini bersama-sama," sambung dia.

Dan juga tidak dapat dipungkiri, tambah dia, ada kesulitan melacak kebudayaan lama di setiap negeri di Riau karena sumberdaya kebudayaan itu sendiri, juga keterbatasan anggaran,"Kesulitan melacak budaya itu ya sumberdaya kebudayaan itu sendiri, juga anggaran," tuturnya.