Tinjau Kanim Dumai, Kakanwil Kemenkumham Riau yakin Fasilitas yang Nyaman akan Buat Masyarakat Puas

Tinjau Kanim Dumai, Kakanwil Kemenkumham Riau yakin Fasilitas yang Nyaman akan Buat Masyarakat Puas

5 Juli 2020
Saat peninjauan

Saat peninjauan

RIAU1.COM - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Ibnu Chuldun, yang didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Maulidi Hilal, mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Dumai, Sabtu 4 Juli 2020.

Meskipun kedatangan Kakanwil dan rombongan tidak dilakukan pada hari kerja, terlihat seluruh pegawai Kanim Dumai tetap antusias menyambut kedatangan Kakanwil seraya menampilkan yel-yel anti korupsi sebagai penyemangat UPT yang sedang berproses meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) ini.

Kakanwil langsung meninjau sarana dan prasarana yang ada untuk melihat berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh Kepala Kanim Dumai, Gelora Adil Ginting, beserta jajaran demi target meraih predikat WBK, serta langkah-langkah dan upaya Kanim Bagansiapiapi dalam mencegah penyebaran Covid-19 ketika memberikan pelayanan Keimigrasian di era New Normal ini.

Kakanim Dumai kemudian mengajak Kakanwil dan rombongan berkeliling sembari menjelaskan berbagai inovasi yang telah dibangun Kanim Dumai demi terwujudnya pelayanan publik yang optimal serta ramah HAM. 

Inovasi tersebut diantaranya adalah meniadakan waktu istirahat siang, transparansi serapan anggaran yang ditampilkan di lobby, menyediakan makanan ringan dan minuman gratis, jalur prioritas serta parkir dan toilet gratis untuk masyarakat pengguna layanan berkebutuhan khusus. 

Dan agar masyarakat pengguna layanan dan yang mendampingi tidak merasa jenuh dan bosan, disediakan pula sarana rekreasi seperti olahraga memanah, binatang peliharaan, serta taman bunga, kapal layar dan beberapa sarana lainnya yang sangat mendukung untuk dijadikan sebagai spot berfoto.

Loading...

"Saya yakin dengan semua fasilitas yang ada malah akan membuat masyarakat yang mengurus Passport akan betah berlama-lama di Kanim Dumai ini," ujar Ibnu Chuldun. 

Namun, Kakanwil mengingatkan pula agar tidak cepat puas dengan apa yang telah dilakukan, tapi sebaliknya dapat selalu dijadikan sebagai motivasi dalam berinovasi dan semakin bekerja lebih lagi dalam memberikan pelayanan yang terbaik.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Pelabuhan Internasional PT. Pelindo I Dumai. Meskipun pelayanan keimigrasian belum berjalan akibat penyeberangan dari Dumai ke Malaysia yang masih ditutup, namun berdasarkan pantauan Kakanwil dan rombongan, pelayanan di TPI ini sudah sangat siap dalam menghadapi tatanan New Normal.**