Raih Opini WTP 6 Kali Beruturut-turut, Pemprov Riau Kantongi Sejumlah Catatan dari BPK RI

Raih Opini WTP 6 Kali Beruturut-turut, Pemprov Riau Kantongi Sejumlah Catatan dari BPK RI

29 Juni 2020
Sidang paripurna DPRD Riau

Sidang paripurna DPRD Riau

riau1.com/">RIAU1.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-6 kalinya atas laporan keuangan tahun 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Namun dari prestasi itu, Anggota V BPK RI Bahrullah Akbar menuturkan masih ada beberapa catatan dari BPK RI untuk Pemprov Riau.

Beberapa catatan tersebut diantaranya, temuan BPK tersebut antara lain, mengenai penyertaan modal kepada 4 BUMD Riau yang belum disajikan, berdasarkan laporan keuangan yang sudah dialihkan ke kantor akuntan publik.

"Kedua pengelolaan aset pemerintah provinsi Riau belum terkelola sepenuhnya," sebut Bahrullah Akbar dalam rapat paripurna DPRD Riau melalui video telekonferen, Senin 29 Juni 2020.

Catatan selanjutnya, pengelolaan pendapatan restribusi  daerah belum sepenuhnya optimal. Kemudian, pengelolaan investasi, dan budidaya ikan di Dinas Perikanan dan kelautan Riau tak sesuai ketentuan.

Loading...

"Seluruh permasalahan tersebut telah kami muat dalam buku II, yaitu hasil laporan pemeriksaan atas sistem kendala internal. Dan buku tiga atas laporan hasil pemeriksaan atas kepatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan," jelasnya.

"Saya berharap DPRD ikut memantau tindak lanjut hasil pemeriksaan yang terdapat dalam LHP yang sesuai kewenangan DPRD. Jika ada yang ingin dikonsultasikan, bisa dikonsultasikan," pungkasnya.