Percepat Hasil Uji Swab Pasien Corona, Pemprov Riau Berkoordinasi dengan Unand Padang

Percepat Hasil Uji Swab Pasien Corona, Pemprov Riau Berkoordinasi dengan Unand Padang

3 April 2020
Unand Padang

Unand Padang

RIAU1.COM - Sebagai langkah tanggap darurat corona atau Covid-19, Pemprov Riau juga melakukan koordinasi dengan pihak Universitas Andalas (Unand), Padang, Sumatera Barat (Sumbar) untuk mendapatkan dukungan pemeriksaan sampel swab pasien Riau.

"Kalau nanti labor kita masih belum mendapat persetujuan dari Litbangkes, kita ingin labor di Unand juga bisa untuk pasien corona di Riau," kata Gubernur Riau Syamsuar, Jumat 3 April 2020.

"Dengan begitu, kita bisa mengetahui lebih cepat hasil uji swab pasien corona yang ada di Riau, tanpa harus dikirim ke Litbangkes Jakarta," sebutnya.

Seperti yang diketahui, Gubernur Riau Syamsuar menaikkan status siaga menjadi tanggap darurat corona terhitung mulai tanggal 3 April sampai dengan tanggal 29 Mei 2020, atau tepatnya setelah lebaran idul fitri 1441 hijriyah.

Dengan naiknya status tersebut, Syamsuar mengungkapkan proses pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 di Riau pun semakin dipercepat, termasuk untuk pengadaan labor uji sampel swab para pasien berstatus PDP senilai Rp7 miliar.

Berbagai peralatan penunjang untuk labor ini sudah dibeli dari luar negeri, dan saat ini dalam proses pengiriman Singapura menuju Jakarta, dijadwalkan pada pekan depan sudah tiba di Riau.