Labor di Riau Nantinya Bisa Melakukan Tes Hingga 60 Sampel Swab Pasien Corona Perhari

Labor di Riau Nantinya Bisa Melakukan Tes Hingga 60 Sampel Swab Pasien Corona Perhari

3 April 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) sudah mulai membangun laboratorium uji sampel swab di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, yanb diketahui senilai Rp7 miliar.

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, labor tersebut nantinya mampu untuk melakukan uji sampel swab hingga 60 orang setiap harinya.

"Dengan begitu, bisa membantu Pemprov Riau lebih cepat mengetahui hasil uji swab para pasien PDP di Riau, apakah itu negatif atau positif corona," kata Syamsuar, Jumat 3 April 2020.

Seperti yang diketahui, Gubernur Riau Syamsuar menaikkan status siaga menjadi tanggap darurat corona terhitung mulai tanggal 3 April sampai dengan tanggal 29 Mei 2020, atau tepatnya setelah lebaran idul fitri 1441 hijriyah.

Dengan naiknya status tersebut, Syamsuar mengungkapkan proses pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 di Riau pun semakin dipercepat, termasuk untuk pengadaan labor uji sampel swab para pasien berstatus PDP.

Berbagai peralatan penunjang untuk labor ini sudah dibeli dari luar negeri, dan saat ini dalam proses pengiriman Singapura menuju Jakarta, dijadwalkan pada pekan depan sudah tiba di Riau.