Sediakan Labor Uji Swab Pasien Corona, Riau Gelontorkan Dana Rp7 miliar

Sediakan Labor Uji Swab Pasien Corona, Riau Gelontorkan Dana Rp7 miliar

3 April 2020
Gubernur Riau, Syamsuar

Gubernur Riau, Syamsuar

RIAU1.COM - Gubernur Riau Syamsuar sudah meningkatkan status dari siaga menjadi tanggap darurat terkait pencegahan dan penanganan wabah virus corona atau Covid-19 di Bumi Lancang Kuning.

Dengan naiknya status tersebut, Syamsuar mengungkapkan proses pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 di Riau pun semakin dipercepat, termasuk untuk pengadaan labor uji sampel swab para pasien berstatus PDP.

"Untuk laboratorium ini ada di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, dan sekarang sedang dalam tahap pengerjaan untuk nantinya disesuaikan dengan standar WHO," kata Syamsuar, Jumat 3 April 2020.

Syamsuar menuturkan, berbagai peralatan penunjang untuk labor ini sudah dibeli dari luar negeri, dan saat ini dalam proses pengiriman ke Riau.

"Alatnya sudah di Singapura menuju Jakarta, dan dijadwalkan pekan sudah sampai di Riau. Nantinya alat ini dipasang langsung oleh tim teknisinya," tuturnya.

Loading...

"Nilai investasi kita untuk labor uji sampel swab ini sekitar Rp7 miliar. Dan kita sudah mendapat lampu hijau dari Kementerian Kesehatan. Tapi ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum uji swab ini sepenuhnya di Riau," tukasnya.

Seperti yang diketahui, Gubernur Riau Syamsuar menaikkan status siaga menjadi tanggap darurat corona terhitung mulai tanggal 3 April sampai dengan tanggal 29 Mei 2020, atau tepatnya setelah lebaran idul fitri 1441 hijriyah.