Pemprov Riau Siapkan Kepulangan Ratusan WNI dari Malaysia Melalui Pelabuhan Kota Dumai

Pemprov Riau Siapkan Kepulangan Ratusan WNI dari Malaysia Melalui Pelabuhan Kota Dumai

26 Maret 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Meski dibayang-bayangi wabah virus corona atau Covid-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tetap berupaya untuk memulangkan ratusan warganya dari Malaysia yang merupakan salah satu negara terjangkit.

Gubernur Riau Syamsuar menyatakan, Panglima TNI bersama Kapolri telah menyampaikan kepada Kapolda Riau untuk langkah pemulangan WNI dan TKI Riau dari Malaysia, yang nantinya akan melalui pelabuhan Tanjung Balai Karimun dan pelabuhan Dumai.

"Dari Balai Karimun baru menuju ke pelabuhan Dumai untuk transitnya," ujar Syamsuar usai teleconfrence dengan Walikota Dumai terkait pembahasan pemulangan WNI tersebut, Kamis 26 Maret 2020.

Syamsuar mengungkapkan, pemulangan WNI dari Malaysia ini bukan hanya warga asal Riau, tetapi juga di luar Riau, khususnya beberapa provinsi di Pulau Sumatera. "Kita sudah komunikasi dengan walikota Dumai, hari ini sudah mulai dilakukan pemulangan," ungkapnya.

"Kita juga masih menunggu kedatangan beberapa kapal lainnya yang mengangkut TKI dari Malaysia. Tapi belum tau, apakah sampai di Dumai pagi, siang atau sore belum tau," sebutnya.

Syamsuar menambahkan, pihaknya belum mengetahui pasti jumlah TKI tersebut. "Untuk jumlah TKI asal Riau kami belum mengetahui pastinya. Yang jelas keseluruhannya berkisar 500 orang," tukasnya.