Antisipasi Virus Corona, Diskes Riau Siapkan Ruang Isolasi di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru

Antisipasi Virus Corona, Diskes Riau Siapkan Ruang Isolasi di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru

27 Januari 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Virus corona yang berasal dari Cina, kini tengah membuat heboh masyarakat, tidak terkecuali Riau. Terlebih, Malaysia yang dekat dari Riau juga sudah terpapar.

Menyikapi hal itu, Diskes Riau menyatakan belum menemukan adanya kasus virus corona yang terjadi di Bumi Lancang Kuning. Namun, antisipasi dan pencegahan tetap dilakukan.

Salah satu upaya antisipasi dan pencegahan virus coroan yang dilakukan Diskes Riau, dengan menyiapkan ruang isolasi bagi pasien yang terinfeksi virus di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru.

"Virus corona ini merupakan pneumonia yang merupakan infeksi atau peradangan akut pada jaringan paru yang disebabkan oleh berbagai mikroorganisme," kata Kepala Diskes Riau, Mimi Yuliani Nazir, Senin 27 Januari 2020.

"Gejala yang muncul pada pneumonia ini diantaranya demam, lemas, batuk kering dan sesak sekaligus sulit bernafas. Dan beberapa kondisi sering ditemukan pada orang yang lanjut usia, atau memiliki penyakit penyerta lain," sebutnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap waspada jika mengalami demam, batuk yang disertai sulit bernafas. Serta, segera mencari pertolongan dan pengobatan ke rumah sakit terdekat.

"Kita jug amita masyarakat untuk menjaga kebersihan tangan, terutama saat akan memegang mulut hidung dan mata," tukasnya.