Istri dan 2 Saudara Kandungnya jadi Pejabat di Pemprov Riau, Yan Prana: Sepanjang Tak Melanggar Aturan, Aman

Istri dan 2 Saudara Kandungnya jadi Pejabat di Pemprov Riau, Yan Prana: Sepanjang Tak Melanggar Aturan, Aman

14 Januari 2020
Gubernur Riau, Syamsuar dan Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya

Gubernur Riau, Syamsuar dan Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya

RIAU1.COM - Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya akhrinya angkat bicara terkait dengan polemik pasca pelantikan ratusan pejabat eselon III dan IV Pemprov Riau beberapa waktu lalu, dimana abang, adik dan juga istrinya turut dilantik.

"Saya sudah bilang bahwa rotasi jabatan sesuai dengan mekanisme. Orang sudah ditempatkan sesuai dengan kompetensinya," ujar Yan Prana, Selasa 14 Januari 2020.

Yan Prana mengklaim, proses rotasi jabatan itu sudah sesuai dengan Undang-undang ASN, termasuk PP Nomor 11/2017.

Dengan begitu, secara keseluruhan pengangkatan keluarganya dalam jabatan baru sudah sesuai prosedur berlaku. "Semua ini sudah melalui prosedur yang panjang pada Agustus 2019 lalu," tegasnya.

"Sebenarnya Pak Syamsuar sudah bisa melakukan rotasi karena sudah mendapat persetujuan dari KSN dan Mendagri. Tapi belum dilakukan pelantikan, sebab harus dilihat secara keseluruhan," ungkapnya.

Bahkan, mantan Kepala Badan Keuangan Pemkab Siak itu merasa wajar jika keluarganya mendapat promosi jabatan baru di Pemprov Riau, karena sejauh ini tidak ada peraturan yang dilanggar.

"Wajar-wajar sajalah, sepanjang tidak melanggar aturan, aman. Kita kan nggak bodoh juga. Artinya kalau ada yang dilanggar, ada konsekuensinya, dan ini juga sudah kami bahas dengan KSN," tukasnya.

Seperti yang diketahui, dalam pelantikan pejabat Pemprov Riau itu ada nama menantu Gubri Syamsuar, yakni Tika Rahmi Syafitri yang dilantik sebagai Kasubag Retribusi di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau.

Loading...

Kemudian, Fariza yang merupakan istri Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya, juga ikut dilantik sebagai Kabid Pengembangan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau. Fariza sebelumnya merupakan staf BKD Riau.

Selanjutnya, abang kandung Sekdaprov Riau, yakni Prasurya Darma yang dilantik sebagai Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Riau setelah dapat promosi dari jabatan lama sebagai staf Bagian Kerjasama Biro Humas Protokol Setdaprov Riau.

Dari deretan nama ratusan pejabat SOTK baru itu, juga ada nama Dedi Herman yang merupakan adik Sekdaprov Riau Yan Prana. Dedi ikut dilantik, dengan jabatan baru sebagai Kabid Ops Satpol PP Riau.

Selain keluarga juga ada dua ajudan Gubri Syamsuar yang dilantik, yakni Raja Jehan Saputra sebagai Kasubag Hubungan Keprotokolan dan Alfi Sukrila sebagai Kasubag Tamu, Kepala Bagian Protokol, Biro Adpim Setdaprov Riau.

Satu ajudan Sekdaprov Riau juga turut dilantik, yakni Rogi yang kini menjabat sebagai Kasubag Penggunaan Pengamanan dan Pemeliharaan Aset Sekda Bagian Administrasi Keuangan dan Umum Sekdaprov Riau.