Karhutla di Riau 'Membara' Lagi, 24 Titik Api Terpantau Satelit Pagi Ini

Karhutla di Riau 'Membara' Lagi, 24 Titik Api Terpantau Satelit Pagi Ini

15 Maret 2019
Ilustrasi Karhutla di Riau (dok: Riau1)

Ilustrasi Karhutla di Riau (dok: Riau1)

RIAU1.COM -Setelah sempat berkurang bahkan nihil titik panas (Hotspot) beberapa hari lalu, pagi ini Jumat 15 Maret 2019, citra satelit kembali mendeteksi kemunculan hotspot di Provinsi Riau, bahkan jumlahnya mencapai puluhan titik.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ada 35 titik panas di Riau pagi ini, dengan level confidence di atas 50 persen. 35 titik panas tersebut menyebar di tujuh kabupaten.

Dirincikan, satu titik panas masing-masingnya di Rohul, Inhil dan Kepulauan Meranti. Kemudian dua titik panas di Rohil, tujuh hotspot di Pelalawan, enam titik di Inhu dan paling banyak di Bengkalia, berjumlah 17 hotspot.

Dari jumlah tersebut, 24 titik diantaranya terindikasi firespot (Titik api, red) karena memiliki level confidence di ataa 70 persen. Berkemungkinan, titik api tersebut bersumber dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau.

Loading...

Sebaran 24 titik api ini diantaranya dua spot di Rohil, empat titik api di Inhu, lima spot di Pelalawan dan paling banyak di Bengkalis, berjumlah 13 titik api.

Di Bengkalis, titik api tersebut berada di Kecamatan Bengkalis, Bintan dan daerag Pinggir. Sementara di Pelalawan, didominasi di Kecamatan Kuala Kampar.