Sempat Trending Topic, Ini Pembelaan Natalius Pigai Usai Dituding Netizen Hina Suku Jawa

Sempat Trending Topic, Ini Pembelaan Natalius Pigai Usai Dituding Netizen Hina Suku Jawa

28 Januari 2021
Potret Natalius Pigai (Foto: Istimewa/internet)

Potret Natalius Pigai (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai akhirnya buka suara setelah beberapa jam menjadi trending topic di media sosial Twitter. Bahkan hingga saat ini tagar #PigaiHinaSukuJawa masih berada di TOP 5 dengan 13,8 ribu tweet.

Dia menjadi perbincangan netizen lantaran dianggap telah menghina Suku Jawa melalui sebuah video pendek yang merupakan pernyataannya langsung. Pembelaanya ini diutarakannya melalui akun media sosial Twitter miliknya @NataliusPigai2, Kamis, 28 Januari 2021.

"Mana hinanya?," terangnya singkat. Alasannya karena dalam video yang beredar tersebut dia hanya mengkritik kegagalan sistem politik di Tanah Air.

"Saya kritik kegagalan sistem politik dan dampaknya dan perubahan UU Pemilu yang Pancasila dan Bhineka. Yang like video 590 orang dan dislike cuma 28 orang. Kok Saya dibilang hina Jawa?. Itu kritik bukan hina. Misalnya: by design hanya satu suku pimpin 74 tahun. Saya denga tanya apa orang luar Jawa itu babu?," tegasnya.

Untuk diketahui, Natalius Pigai menjadi perbincangan setelah ramai mencuatnya sebuah video pendek yang berisikan pernyataannya sendiri terkait suku Jawa.

Dalam video tersebut, dia mengatakan bahwa masyarakat di luar pulau Jawa adalah babu atau budak.

Alhasil, pernyataan itu langsung menimbulkan perbincangan dari netizen.