Asal Usul Partai Golkar, Trobosan Besar Dari Soekarno

Asal Usul Partai Golkar, Trobosan Besar Dari Soekarno

26 Januari 2021
Presiden RI pertama Soekarno (Foto: Istimewa/internet)

Presiden RI pertama Soekarno (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Sedikit yang tahu jika Partai Golkar muncul dari terobosan Bung Karno di akhir 1950-an.

Terobosan itu diambil untuk menyikapi situasi pelik yang sedang dihadapinya dikutip dari tirto.id, Selasa, 26 Januari 2021.

Muncul pertama kali tahun 1940-an dalam bentuk gagasan integralistik-kolektivis tentang bagaimana sebuah negara mesti diorganisasi. Gagasan tersebut tentang prinsip musyawarah mufakat, bersatunya rakyat dan negara, keharmonisan, kesatuan, dan totalitas.

Gagasan tersebut lebih dikenal pada sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) tentang bentuk negara. Pengusungnya Soekarno sendiri bersama Mr. Soepomo dan Ki Hajar Dewantara. Artinya Golkar muncul melalui proses politik panjang jauh sebelum Orde Baru berkuasa.

Muncul sebagai wadah bagi organisasi-organisasi yang disebut sebagai golongan fungsional. Mereka itu seperti golongan buruh, guru, tani, pemuda, seniman, atau wartawan.

Puncaknya terjadi pada Februari 1957 ketika Soekarno mengemukakan jalan keluar bagi kemelut politik yang terjadi selama bertahun-tahun. Pidato ini kelak dikenal sebagai Konsepsi Presiden 1957 dan dianggap sebagai pintu masuk menuju Demokrasi Terpimpin.

Pada pidato itu juga secara resmi Soekarno mengumumkan gagasannya tentang golongan fungsional. Barulah pada 1964 Sekretariat Bersama Golongan Karya lahir yang merupakan cikal bakal Partai Golkar.