Begini Cara Politisi Uni Soviet Joseph Stalin Mengubah Sejarah dan Menyingkirkan Lawannya

Begini Cara Politisi Uni Soviet Joseph Stalin Mengubah Sejarah dan Menyingkirkan Lawannya

20 Januari 2021
Joseph Stalin (Foto: Istimewa/The Times)

Joseph Stalin (Foto: Istimewa/The Times)

RIAU1.COM - Banyak cara diktaktor asal Uni Soviet Joseph Stalin untuk menyingkirkan lawan politiknya kala itu. Salah satunya dengan cara membunuh sampai mengubah sejarah.

Terjadi di antara tahun 1930an dikutip dari kumparan.com, Rabu, 20 Januari 2021.

Semua bermula ketika dirinya memusnahkan lawan politiknya. Diperkirakan 750 ribu orang tewas selama genosida berlangsung. Sementara lebih satu juta orang lainnya dibuang ke daerah terpencil untuk melakukan kerja paksa.

Setelah menghapus orang-orang di dunia nyata, Stalin kemudian menghapus musuh-musuhnya dari rekaman sejarah. Salah satu caranya dengan menyewa sekelompok besar ahli demi mengubah atau menghapus musuhnya dari dokumenter yang asli.

Satu dari sekian banyak korbannya adalah Nikola Yezhov, seorang pejabat polisi rahasia yang mengawasi pembersihan Stalin. Caranya Stalin menyensor Yezhov dari koleksi fotografinya, termasuk menghapus Yezhov, yang dalam foto, tersenyum di sampingnya.

Loading...

Teknologi retoucher berhasil menghilangkan penampakan Yezhov dan menutupi ruang di mana ia seharusnya berada. Hal yang sama dilakukan Stalin terhadap sejumlah pejabat partai yang berpose di sebelahnya dalam berbagai acara.

Kadang-kadang, badan sensor foto milik Stalin harus memperbaiki film berulang kali, karena daftar musuh politik sang diktator senantiasa bertambah. Contohnya dalam satu potret, Stalin terlihat bersama tiga orang penting di Uni Soviet: Nikolai Antipov, Sergei Kirov, dan Nikolai Shvernik.

Karena masing-masing rekan politis ini kemudian tidak disukai oleh Stalin, maka mereka bertiga disensor dengan hanya Stalin yang tersisa.