//riau1.com/

#politik

KPU Riau: Logistik Rusak Sudah Diganti

R1/ogas


proes peliptan kertas suara proes peliptan kertas suara

RIAU1.COM -PEKANBARU-Ketua komisi pemilihan umum (KPU) Riau Ilham M Yasir mengakui adanya logistik seperti surat suara yang rusak jelang pencoblosan tanggal 9 Desember 2020 nanti di 9 kabupaten dan kota di Riau. Dan kerusakan logistik itu sendiri katanya sudah diperbaiki dengan cepat dan diganti dengan yang baru. 

Baca Juga: Rizal Ramli Kecewa Setelah MK Tolak Gugatan Presidential Threshold


"Ada yang rusak pada tanggal 18 dan 20 November kemarin tapi sudah kita beritahukan pada percetakan Jawa Timur dan sudah diganti dan pada hari ini tengah dilakukan pengesetan oleh KPU kabupaten dan kota bersama surat suara lainya jadi tidak ada masalah lagi. Tapi yang jelas kerusakannya bervariasi seperti Bengkalis tidak ada,"katanya. Rabu 2 Desember 2020.

Sementara untuk bilik suara sendiri Ilham menambah juga tidak ada kendala. Namun memang sejak awal November datangnya memang ada kerusakan tapi kerusakan itu juga sudah cepat diganti pada Minggu kedua November.

Diberitakan sebelumnya, mulai tanggal 6 Desember 2020 Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mendistribusikan logistik pilkada ke 9 kabupaten dan kota di Riau. 

"KPU kabupaten dan kota sudah sepakat mulai tanggal 6-8 Desember logistik pilkada akan mulai digeserkan dari gudang KPU kabupaten dan kota ke TPS melalui PPS dan PPK. Tanggal 6 Desember paling cepat didistribusikan untuk wilayah yang jauh seperti Rupat,"kata Ilham. Rabu 2 Desember 2020.

Untuk saat ini kata Dia, KPU tengah melakukan proses pengesetan baik logistik pungut hitung maupun logistik covid-19. Dan waktu tidak begitu lama logistik tersebut telah dimasukkan ke dalam kotak dan disegel. 

"Secepat akan kita selesaikan. Sebab ada 2,4 juta pemilih di 9 kabupaten dan kota yang akan kami layani dengan 8,336 TPS dan 75.170 orang petugas di setiap TPS"katanya.

Baca Juga: Gus Ami Sebut Pendiri PKB Adalah Perintis Reformasi dan Demokrasi

Ilham juga memastikan dalam pencoblosan nanti tidak ada kekurangan logistik di TPS. 

"Intinya kami sudah siap mulai dari logistik hingga dari jajaran Polda dan Bawaslu yang siap membantu menjalankan proses pilkada di 9 kabupaten dan kota berjalan lancar,"tutupnya. (Riko)





Loading...
loading...