//riau1.com/

#politik

Begini Pandangan Presiden AS Kennedy Terhadap Soekarno

R1/azhar


Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy dan Presiden RI Soekarno (Foto: Istimewa/internet) Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy dan Presiden RI Soekarno (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy memiliki pandangan tersendiri terhadap presiden pertama Indonesia Soekarno.

Ini dituliskan oleh penulis biografi Kennedy, Arthur Schlesinger, Jr dalam A Thousand Days: John F. Kennedy in The White House dikutip dari historia.id, Selasa, 24 November 2020.

Penilaian ini dilakukannya setelah Soekarno berkunjung ke Washington atas undangan dari Kennedy sendiri pada musim semi 24 April 1961.

Menurutnya, Soekarno dianggap presiden yang mengutamakan citra dan menyia-nyiakan kesempatan untuk membangun Indonesia lebih maju.

"Soekarno memberi kesan sebagai seorang politikus yang cakap. Tetapi, Sukarno menyia-nyiakan kesempatan untuk membina perkembangan negaranya. Bung Besar lebih mengutamakan citra di panggung dunia dan memegahkan diri," tulis buku tersebut.

Baca Juga: Rizal Ramli Kecewa Setelah MK Tolak Gugatan Presidential Threshold

Meskipun seperti itu, Kennedy juga menganggap Soekarno sebagai salah satu pemimpin negeri Asia yang berpengaruh, seorang demagog nasionalis yang hebat, dan dipuja oleh rakyatnya.

Baca Juga: Gus Ami Sebut Pendiri PKB Adalah Perintis Reformasi dan Demokrasi

Sayang, Kennedy beranggapan Soekarno membalasnya dengan cara memandang Amerika Serikat dengan penuh ketidaksukaan.

Dugaannya terkait soal keterlibatan AS dalam upaya penggulingan Soekarno melalui CIA pada 1958.   





Loading...
loading...