Jika Ditunjuk Jokowi Jadi Menteri, Rocky Gerung Pilih Langsung Bubarkan Kabinet

Jika Ditunjuk Jokowi Jadi Menteri, Rocky Gerung Pilih Langsung Bubarkan Kabinet

4 Juli 2020
Roky Gerung (foto: Istimewa/internet)

Roky Gerung (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Filsuf asal Universitas Indonesia Rocky Gerung mengaku bakal membubarkan kabinet Joko Widodo jika dirinya ditunjuk Presiden sebagai salah satu menteri di perioden kedua saat ini.

Pernyataan itu disampaikannya dalam diskusi daring dinukil dari rmol.id, Sabtu, 4 Juli 2020.

Digang-gadangkan Rocky Gerung bakal menggantikan Menteri Hukum dan HAM, yang saat ini tengah dijabat oleh Yasonna Hamonangan Laoly.

Isu ini merebak usai Presiden Joko Widodo menyampaikan niatnya untuk merombak kabinet Indonesia Maju, saat setelah berpidato marah-marah di rapat kabinet, Kamis, 18 Juni 2020 lalu.

" Menkumham itu harus punya hak diskresi mengeluarkan undang-undang untuk pembubaran kabinet. Jadi sebagai Menkumham saya akan, keputusan pertama, adalah membubarkan kabinet," terangnya.

" Dalam negosisasi tuker tambah saya akan bilang, kasih saya kewenangan sebagai menteri hukum dan hak asasi manusia, atas nama hak asasi manusia, saya buat Perppu pembubaran kabinet. Kan mestinya begitu kalau mau extraordinary. Tapi kalau linear-linear saja itu ya kita simpan saja buat penelitian public oponion," tutupnya.