Sejarah Hari Ini: Tragedi Jumat Kelabu di Banjarmasin

Sejarah Hari Ini: Tragedi Jumat Kelabu di Banjarmasin

23 Mei 2020
Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Semua warga Banjarmasin berduka, perseteruan dua kubu melebar hingga melibatkan banyak pihak lain tepat hari ini tahun 1997.

Bermula dari kampanye politik, kerusuhan ini kemudian berkembang menjadi sentimen agama dan etnis dinukil dari tirto.id, Sabtu, 23 Mei 2020.

Muncul isu bahwa Masjid akan dibakar. Membuat massa bergolak, termasuk dari etnis Madura merembet ke elemen Maluku yang bersitegang dengan kelompok dari Sulawesi Selatan (Bugis, Buton, dan Makassar).

Kericuhan ini juga melibatkan warga Tionghoa dengan mengembuskan sentimen anti-Cina. Permukiman mereka dirusak, dibakar, dan dijarah.

Gedung, rumah, mobil, dan sejumlah fasilitas umum tak luput dari amuk massa. Bentrok fisik terjadi. Korban jiwa berjatuhan.

Loading...

Jumlah korban dan kerugian yang ditimbulkan dari tragedi ini termasuk salah satu yang paling parah menjelang berakhirnya kekuasaan Soeharto.

Tercatat 123 korban tewas, 118 orang luka-luka, dan 179 lain hilang. Sementara Komnas HAM melaporkan ada 199 orang yang hilang, dan 2 di antaranya berhasil ditemukan.

Dari jumlah korban yang tewas, sebagian besar mereka tidak melibatkan diri. Mereka ditemukan mati hangus karena terjebak di gedung-gedung yang dibakar oleh massa.