Ini Pidato Publik Perdana AHY Setelah Dilantik Jadi Ketum Partai Demokrat

Ini Pidato Publik Perdana AHY Setelah Dilantik Jadi Ketum Partai Demokrat

20 Maret 2020
Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Ketua umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengeluarkan pernyataan publik pertamanya setelah dilantik pada 15 Maret 2020 silam.

Pernyataan ini disampaikannya melalui akun media sosial Twitter @AgusYudhoyono, Jumat, 20 Maret 2020 ditengah wabah virus corona (COVID-19).

" Berikut 6 rekomendasi @PDemokrat pada Pemerintah terkait wabah COVID-19, sbg pernyataan publik pertama saya sebagai Ketum PD," terangnya.

Pernyataan publik pertama AHY terkait virus corona itu diantaranya:

Pertama, melakukan "lockdown" dalam jangka pendek, terutama di kota-kota yang paling berat terinfeksi Corona, sampai dianggap aman untuk dibuka kembali.

Kedua, melakukan upaya penghentian penyebaran virus Corona di seluruh Indonesia secara intensif, masif dan terkoordinasi.

Ketiga, melakukan realokasi anggaran dan prioritas pembiayaan yang diperlukan dalam operasi penanggulangan virus Corona, utamanya fasilitas kesehatan.

Keempat, memberikan bantuan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang sangat terpuruk dalam krisis ini.

Kelima, merumuskan dan menjalankan kebijakan (policy response) serta tindakan pemerintah untuk menanggulangi gejolak ekonomi yang serius saat ini.

Keenam, melakukan kerjasama dengan negara lain, di antaranya untuk pengadaan alat kesehatan, khususnya test kit; serta agar dalam waktu yang tidak terlalu lama bisa ditemukan dan diproduksi vaksin anti-virus Corona.