Jabatan Menteri Termuda Sepanjang Sejarah Indonesia Itu Dipegang Oleh Suprijadi

Jabatan Menteri Termuda Sepanjang Sejarah Indonesia Itu Dipegang Oleh Suprijadi

28 Januari 2020
Suprijadi (Foto: Istimewa/internet)

Suprijadi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Setelah Sukarno mengikrarkan kemerdekaan Indonesia, susunan pemerintahan dengan cepat dibentuk. Secara resmi ada 12 menteri yang memimpin departemen serta lima menteri negara ditunjuk dalam kabinet presidentil dinukil dari historia.id, Selasa, 28 Januari 2020.

Satu di antaranya adalah Kementerian Kemanan Rakyat dengan menterinya Supriyadi. Ketika diangkat dia masih berusia 22 tahun. Namun saat dipanggil, Supriyadi tidak pernah sekalipun menunjukan batang hidungnya di depan para menteri.

Semua orang yang hadir bahkan tidak tahu apakah ia bersedia menduduki jabatan Menteri Kemanan Rakyat atau tidak. Karena tidak juga menghadiri panggilan, pada 20 Oktober 1945 Sukarno mengangkat Sulyadikusumo sebagai Menteri Keamanan Rakyat ad Interim.

Istilah itu untuk menteri sementara sebelum menteri yang asli didapatkan. Dalam otobiografi Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat, Sukarno menceritakan kisah pertemuannya dengan Supriyadi. Dia kagum dengan semangat militernya. Alasan itu juga yang membuatnya memilih Supriyadi.

Kala itu Suprijadi, Muradi dan Sunanto saat menjadi tentara PETA mencoba mendatangi Sukarno di rumah orangtuanya di Blitar untuk meminta izin melakukan pemberontakan. Namun saat itu juga Sukarno menolaknya dengan lantang.