CDN Riau Bersama Polsek Bekali 20 Siswa SMKN 1 Pangkalan Lesung Ilmu Keselamatan Berkendara

CDN Riau Bersama Polsek Bekali 20 Siswa SMKN 1 Pangkalan Lesung Ilmu Keselamatan Berkendara

27 Juli 2021
20 Siswa SMKN 1 Pangkalan Lesung mengikuti kegiatan safety riding yang digelar Capella Honda Riau bersama Polsek Pangkalan Lesung

20 Siswa SMKN 1 Pangkalan Lesung mengikuti kegiatan safety riding yang digelar Capella Honda Riau bersama Polsek Pangkalan Lesung

RIAU1.COM - PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) main dealer sepeda motor Honda wilayah Riau masih tetap mengadakan edukasi keselamatan berkendara kepada masyarakat, pelajar serta para guru pendidik.

Guna memperkuat campaign keselamatan dalam berkendara serta memenuhi komitmen Honda dalam memberikan edukasi Safety Riding kepada masyarakat ditengah pandemi ini campaign #Cari_Aman keselamatan berkendara dilakukan secara tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Mengusung tema 'Kemanapun Perginya selalu #Cari_Aman', kegiatan yang digelar 27 Juli 2021 ini diikuti 20 siswa/i pilihan dari berbagai jurusan di SMK Negeri Pangkalan Lesung bertempat di Aula SMK Negeri 1 pangkalan Lesung bersama Unit Lantas Polsek Pangkalan Lesung sebagai narasumber dalam kegiatan ini.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pangkalan Lesung, Jhon Maifive ER. S.Pd. M.Kom menyampaikan terimakasih kepada PT AHM dan PT CDN Riau yang telah menunjuk SMK Negeri 1 Pangkalan Lesung untuk melaksanakan kegiatan ini bersama Unit Polsek Pangkalan Lesung untuk sosialisasi safety riding dengan menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan ini.

"Tentunya, harapan kita kegiatan ini terus berlanjut dan menjadi agenda tahunan di sekolah ini, kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi peserta didik guna membina kesadaran tertib berlalulintas di jalan raya dan menjadi pelopor atau duta keselamatan berlalu lintas sekolah," ucapnya.

Terpisah, Kasatlantas Polres Pelalawan AKP Teguh Wiyono,S.H,MH melalui Aipda Afrizal selaku Kanitlantas Polsekol Pangkalan Lesung menyatakan sangat mendukung dan mengapresiasikan kegiatan safety riding dengan menekankan protokol kesehatan dalam masa pandemi ini.

"Kecelakaan itu terjadi dikarenakan adanya pelanggaran yang di lakukan oleh manusianya, dimana usia 18-39 tahun adalah usia yang sangat rentan mengalami kecelakaan. Tanpa kita sadari kebiasaan kebiasaan yang dilakukan seperti tidak menggunakan helm SNI, melawan arus, menggunakan HP saat berkendara, berkendara saat mabuk, berkendara dibawah umur, tidak menggunakan seat belt, melebihi batas kecepatan saat mengendarai dan memakai lampu strobo," paparnya.

Loading...

"Dalam masa pendemi ini juga saya menekankan, banyak masyarakat banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan sehingga kurangnya kepedulian terhadap wabah yang terrjadi saat ini. Dengan ditajanya kegiatan ini harapnya bermanfaat serta membantu bagi kita semua terkhusus bagi siswa/i di Pelalawan agar lebih peduli dengan keselamatan, sehingga kita semuanya bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan serta sehat di masa pandemi ini," sebutnya.

Sementara itu, Instruktur Safety Riding PT CDN Riau, Arif Rahman Hakim menyampaikan pentingnya Awarenes, basic skill, serta #Cari_aman. Postur berkendara yag baik dan benar, teknik pengereman, teknik menikung serta perlengkapan berkendara yang dipakai juga salah satu faktor penentu untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

"Usia 14 tahun - 39 tahun adalah usia yang sering mengalami kecelakaan di jalan raya, serta 90 persen kecelakaan terjadi karena faktor manusianya. Untuk aman berkendara di jalan pastikan setiap pagi selalu melakukan pemanasan minimal 5-10 menit, serta kondisi badan dalam keadaan sehat dan segar sebelum berkendara, periksa kondisi kendaraan sebelum dipakai," sebutnya.

"Juga, jangan lupa memakai perlengkapan berkendara yang lengkap dan selalu mematuhi aturan rambu rambu lalu lintas di jalan serta membawa surat surat kendaraan berupa SIM & STNK, dan satu lagi yang terpenting sebelum melakukan aktivitas ataupun berpergian jangan lupa berdoa dan sudah sarapan," pungkasnya.