Sidak ke Mess Naker dari Luar Daerah, Ini Temuan dan Instruksi Bupati Zukri

Sidak ke Mess Naker dari Luar Daerah, Ini Temuan dan Instruksi Bupati Zukri

26 Mei 2021
Sidak naker

Sidak naker

RIAU1.COM -Bupati Pelalawan H Zukri menginstruksikan Satgas Covid-19 Kabupaten untuk menjaga dan mengawasi tenaga kerja yang baru masuk Pangkalan Kerinci, dan saat ini berada di beberapa Mess.

"Pak Kasat tolong dijaga jangan sampai berkeliaran. Pak Kasat stanbaykan anggota jangan sampai ada yg berkeliaran,"perintah Bupati Zukri kepada Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten Pelalawan Abu Bakar, saat Sidak kebeberapa mess tenaga kerja di Pangkalan Kerinci, Rabu, 26 Mei 2021.

Bupati Zukri Sidak kebeberapa mess tenaga kerja, bersama Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko, Pabung Kodim 0313/KPR Mayor S Tarigan, Sekdakab Pelalawan Tengku Mukhlis dan beberapa Kepala OPD.

Lokasi pertama, ruko di komplek Kerinci Business Center (KBC). Disini merupakan Mess pekerja PT MPR ean PT Ikhtiar Mulia Konstruksi (IMK). 5 ruko berlantai 2 dijadikan Mess. Tak kurang 55 naker menempati setiap ruko nya.

Sidak dilanjutkan ke mess pekerja di areal terminal lama. Setidaknya ada tiga ruko yang dijadikan mess pekerja dari luar daerah.

Bupati dan rombongan meneruskan sidak ke ruko di Jalan Datuk Engku Raja Lela Putra, Pangkalan Kerinci Timur. Yakni mess PT Pulau Intan Baja Perkasa dan PT IMK. Ada tiga ruko berlantai dua yang dijadikan mess bagi pekerja dari luar daerah.

Para naker ini diketahui baru datang dari luar daerah Provinsi Riau. Pekerja ini di pekerjakan oleh perusahan kontraktor yang berbeda, untuk proyek-proyek besar di salah satu perusahaan besar di Pelalawan. Masuknya naker ini ke Pelalawan pasca lebaran Idul Fitri. Dan yang paling miris Bupati Zukri menemukan banyak naker yang belum menjalani rapit tes antigen.

Bupati selaku Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Pelalawan langsung memerintahkan petugas mendata para pekerja luar daerah yang diketahui baru beberapa hari masuk Pelalawan. Sejumlah pekerja tak bisa tunjukkan surat tes Covid-19. Bupati Zukri pun langsung perintahkan Satpol PP dan Diskes untuk melakukan pendataan.

"Stop dulu jangan bekerja. Kalian swabnya belum ada. Jadi jangan ada aktivitas dulu ya. Kita ingin pastikan biar aman. Tapi jangan bohong," imbau Bupati Zukri, kepada para pekerja ini. (Ardi)