Lahan Gambut di Pelalawan Masih Membara, Pemadaman Fokus di 2 Titik ini

Lahan Gambut di Pelalawan Masih Membara, Pemadaman Fokus di 2 Titik ini

30 Juli 2019
Tim Satgas Karlahut Pelalawan saat memetakan titik api

Tim Satgas Karlahut Pelalawan saat memetakan titik api

RIAU1.COM - Hingga hari Selasa 30 Juli 2019 ini, terpantau ada sekitar 30 titik hotspot di Kabupaten Pelalawan, Riau, dan 19 titik diantaranya, confidence diatas 70 persen.

"19 titik api itu terkonsentrasi di Desa Penarikan dan Kelurahan Langgam. Hanya 2 titik berada di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN)," kata Kepala BPBD Pelalawan, Hadi Penandio.

"Sesuai arahan Pak Bupati dan Pak Kapolres, hasil pantauan udara kemarin, fokus pemadaman di titik tersebut, Desa Penarikan dan Kelurahan Langgam," sambungnya.

Hadi menuturkan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan satgas udara Provinsi Riau. Hasilnya, 4 heli akan dikerahkan untuk melakukan water boombing di 2 titik tersebut.

"1 heli untuk titik Penarikan, 3 heli untuk di Kelurahan Langgam. Karena operasi darat kita full di Penarikan. Selain tim gabungan, juga 14 alat berat akan dikerahkan di Penarikan untuk mengisolir atau menyekat api," tuturnya.

Masih kata Hadi, tim darat sudah bisa mencapai kepala api di Desa Penarikan, sehingga diyakini operasi darat sudah bisa maksimal.

"Sementara di Kelurahan Langgam, tim darat belum bisa mencapai kepala api. Lokasinya yang sulit, maka kita maksimalkan operasi udara disini," pungkasnya.