//riau1.com/

#pekanbaru

Capaian Vaksinasi Booster 32,25 Persen, Pemko Pekanbaru Gelar Vaksinasi Massal

R1/surya


Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun bersama Kapolda Riau Irjen M Iqbal meninjau vaksinasi massal di halaman MPP Pekanbaru, Kamis (22/9/2022). Foto: Surya/Riau1. Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun bersama Kapolda Riau Irjen M Iqbal meninjau vaksinasi massal di halaman MPP Pekanbaru, Kamis (22/9/2022). Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru menggelar vaksinasi massal di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP), Kamis (22/9/2022). Pasalnya, capaian vaksinasi dosis ketiga (booster) masih mencapai 32,25 persen. 

"Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka merupakan kegiatan yang pada awalnya akan dilaksanakan dalam memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Namun, pelaksanaannya tertunda karena keterbatasan stok vaksin yang tidak memenuhi dari jumlah yang sudah ditargetkan," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Muflihun dalam pidatonya. 

Kegiatan Vaksinasi Merdeka dilaksanakan berdasarkan surat edaran menteri dalam negeri tentang percepatan vaksinasi dosis lanjutan bagi masyarakat. Vaksinasi Merdeka bertujuan untuk meredam penyebaran Covid-19 yang mengalami peningkatan sejak Juli 2022 lalu. 

"Sesuai arahan dari kementerian, pemerintah daerah harus memenuhi dosis lanjutan di atas 50 persen dari target yang ditentukan. Saat ini, vaksinasi booster Kota Pekanbaru baru mencapai 32,25 persen," ungkap Muflihun. 

Vaksin Merdeka ini dilaksanakan di 17 lokasi. Vaksinasi Merdeka dipusatkan di halaman MPP Pekanbaru.

Baca Juga: Bus Listrik Tak Bisa Langsung Dioperasikan di Pekanbaru

Sedangkan 15 lokasi vaksinasi lainnya digelar di tiap kantor kecamatan. Di Kulim, selain di kantor kecamatan, vaksinasi massal juga digelar di SMK 6 dan SMP Negeri 39 yang dikhususkan bagi para pelajar.

"Kami menargetkan sekitar 17.861 orang divaksin dalam kegiatan Vaksinasi Merdeka ini. Dinas Kesehatan (Dinkes) Pekanbaru menyediakan 23.880 dosis," ujar Muflihun. 

Dinkes juga mengerahkan 100 tim vaksinator. Sebagai perbandingan, satu tim melayani 200 orang.

"Saya berharap masyarakat antusias mengikuti Vaksinasi Merdeka ini. Karena, vaksin booster terbukti meningkatkan kekebalan tubuh hingga 6 kali lipat," ucap Muflihun.

Baca Juga: Cabai Merah Melimpah di Pekanbaru, Harga Tetap Mahal

Kesempatan yang sama, Kapolda Riau Irjen Iqbal memberikan apresiasi atas kegiatan yang digelar oleh Pemko Pekanbaru. Penjabat (Pj) wali kota dan kepala daerah lain di Riau harus memiliki semangat untuk mengakselerasi vaksinasi ini. 

"Walaupun penyebaran Covid-19 sudah mulai landai, tapi kita tidak tahu kapan situasi akan normal lagi. Selain protokol kesehatan (prokes), kita harus mengakselerasi vaksinasi terutama vaksin dosis ketiga," katanya. 

Kendala tidak ada dalam Vaksinasi Merdeka ini. Persediaan vaksin juga cukup. Tenaga kesehatan (nakes) juga tidak kekurangan.

"Mereka sudah berpengalaman sejak dua tahun lalu. Saya apresiasi Pj wali kota dan timnya menggelar Vaksinasi Merdeka ini," ucap Iqbal. 





Loading...
loading...