Cuaca Ekstrem di Pekanbaru, Warga di Lokasi Rawan Banjir Diimbau Waspada

Cuaca Ekstrem di Pekanbaru, Warga di Lokasi Rawan Banjir Diimbau Waspada

8 Agustus 2022
Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra. Foto: Surya/Riau1.

Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mengimbau warga di wilayah rawan banjir agar waspada. Pasalnya, Pekanbaru sedang dilanda cuaca ekstrem. 

"Guna mengantisipasi bencana yang mungkin terjadi akibat cuaca ekstrem, kami mengimbau masyarakat membersihkan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya. Cuaca ekstrem dapat memicu terjadinya bencana alam seperti angin kencang, petir, dan banjir," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pekanbaru Zarman Candra, Senin (8/8/2022). 

Masyarakat yang tinggal di lokasi rawan bencana alam diimbau meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak dari cuaca ekstrem. Hal ini guna mencegah risiko adanya korban jiwa maupun kerusakan materil yang cukup besar. 

"Kami mengimbau agar masyarakat tetap menjaga lingkungan sekitar, selalu cek informasi prakiraan cuaca terkini di situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lakukan penanam kembali untuk meregenerasi hutan yang gundul, dan laksanakan gotong royong pembersihan parit," ucap Zarman.

Kesadaran bersama dibutuhkan untuk menanggulangi bencana alam yang bisa saja terjadi akibat dampak dari cuaca ekstrem. Imbauan ini sesuai dengan Pencanangan Pekanbaru Bebas Sampah oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun pada 6 Juni 2022. 

Loading...

"Mari bersama kita dukung pencanangan tersebut dengan memperhatikan lingkungan dengan semangat. Kita jaga alam, alam jaga kita," sebut Zarman. 

Apabila terjadi bencana, maka masyarakat dapat melaporkan ke BPBD. Masyarakat bisa menghubungi Call Center BPBD Kota Pekanbaru di nomor 08117651464.