Cegah Kemacetan Parah di Pekanbaru, Pemprov Riau Akan Lebarkan Jalan

Cegah Kemacetan Parah di Pekanbaru, Pemprov Riau Akan Lebarkan Jalan

5 Agustus 2022
Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemprov Riau akan melakukan pelebaran jalan di lokasi-lokasi tertentu. Hal ini guna mencegah kemacetan yang makin para di Pekanbaru. 

"Permintaan Pemprov Riau, saya mendengar langsung dari Sekdaprov,  mereka akan melakukan pelebaran jalan di ruas-ruas jalan tertentu. Hal ini sesuai dengan Rencana Induk Transportasi Jalan (RITJ) yang sudah kami susun," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Yuliarso, Jumat (5/8/2022).

Dalam pelebaran jalan itu, Pemprov Riau akan mengambil bagian median jalan sekitar satu meter. Pemprov Riau juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Kemacetan terjadi di titik dan waktu tertentu. Pada pagi hari, pergerakan kendaraan dari Barat ke Timur yakni dari wilayah Panam melalui Jalan Tuanku Tambusai ke arah pusat kota. Pergerakan terjadi sebaliknya pada petang hari, dari Jalan Jenderal Sudirman ke Jalan Arifin Ahmad atau Jalan Tuanku Tambusai.

Loading...

"Solusi jangka pendek, kami hanya bisa menyiagakan petugas di lokasi rawan macet dibantu Satlantas. Mereka membantu kelancaran arus lalu lintas," ujar Yuliarso. 

Solusi jangka panjang, rekayasa lalu lintas harus dilakukan. Namun, rekayasa lalu lintas belum dapat diterapkan. Karena, ada beberapa kewenangan sesuai kategori jalan yakni jalan provinsi dan jalan nasional.