//riau1.com/

#pekanbaru

Distankan Pekanbaru Tak Suntik Vaksin PMK ke Hewan Kurban

R1/surya


Hewan kurban saat Iduladha tahun lalu. Foto: Surya/Riau1. Hewan kurban saat Iduladha tahun lalu. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru tidak menyuntik vaksin penyakit mulut dan dan kuku (PMK) ke hewan kurban. Suntikan vaksin PMK hanya diberikan kepada 200 sapi ternak khusus budi daya atau pembibitan. 

"Kami hanya memvaksin ekor hewan yang sehat seperti untuk budi daya atau pembibitan. Sedangkan untuk hewan untuk kurban tidak vaksin PMK," kata Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Distankan Pekanbaru Herlandria, Rabu (6/7/2022).

Baca Juga: Pemko Pekanbaru Masih Ragu Beli Mobil Listrik

Penyuntikan vaksin guna mencegah penyebaran virus PMK. Agar, hewan ternak yang khusus pembibitan tak terjangkit virus PMK. 

"Jumlah dosis vaksin PMK yang diberikan Pemprov Riau memang masih terbatas. Kami hanya bisa menyuntikkan vaksin ke 200 ekor hewan ternak," ungkap Herlandria. 

Baca Juga: Vaksinasi Booster Warga Pekanbaru Masih Rendah

Hingga kini, hewan kurban tidak ada yang terjangkit virus PMK. Ia memastikan sebagian besar hewan kurban yang berada di tempat peternak maupun pengumpul dalam kondisi sehat.

"Kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap sekitar 3.500 ekor hewan kurban. Mayoritas hewan kurban tersebut dalam kondisi sehat sehingga layak untuk menjadi hewan kurban," ucap Herlandria.





Loading...
loading...