Permudah Administrasi PNS, Pemko Pekanbaru Sediakan 17 Aplikasi Layanan Kepegawaian

Permudah Administrasi PNS, Pemko Pekanbaru Sediakan 17 Aplikasi Layanan Kepegawaian

20 Mei 2022
Kepala BKPSDM Pekanbaru Baharuddin. Foto: Surya/Riau1.

Kepala BKPSDM Pekanbaru Baharuddin. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Saat ini, terdapat 17 aplikasi layanan kepegawaian yang terintegrasi dan mudah diakses oleh seluruh ASN Kota Pekanbaru berbasis web base yang bisa diakses dengan menggunakan android secara mobile. Hal ini merupakan bukti nyata terwujudnya  visi Kota Pekanbaru sebagai Smart City yang madani.

"Dalam kurun waktu sepuluh tahun kepemimpinan wali kota dan wakil wali kota Pekanbaru terdapat agenda strategis kepegawaian. Pertama, pengadaan ASN baik CPNS maupun PPPK yang dilaksanakan secara nasional setiap tahun yang dimulai pada tahun 2015 sampai dengan tahun 2022," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru Baharuddin, Jumat (20/5/2022).

Kedua, pembangunan Assesment Centre yang berguna untuk pengembangan kompetensi dan pengembangan karir serta mendukung proses manajemen talenta. Agar, sistem merit dapat berjalan dengan baik di Pemko Pekanbaru.

Ketiga, mewujudkan Pekanbaru Coorporate University dalam rangka pencapaian Pekanbaru Smart City Madani dengan menitikberatkan pengembangan kompetensi ASN pada pola non klasikal. Keempat, implementasi manajemen talenta pada setiap Perangkat Daerah di Pemko Pekanbaru untuk membangun smart government.

"Adapun beberapa prestasi yang telah dicapai oleh BKPSDM Pekanbaru dalam satu dekade adalah penilaian penerapan sistem merit (Meritokrasi) dengan memperoleh penghargaan Baik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada tahun 2020. Kemudian, nilai indeks profesionalitas PNS Pemko Pekanbaru tertinggi di wilayah kerja BKN Regional XII BKPSDM mendapat penghargaan perangkat daerah Terinovatif pada 2020 dari Wali Kota Pekanbaru. Penilaian penerapan sistem merit (Meritokrasi) dengan memperoleh penghargaan Sangat Baik oleh Kempan RB dan KASN pada tahun 2021," papar Baharuddin.