Pekanbaru, Kota dengan Perputaran Uang Tertinggi di Luar Pulau Jawa

Pekanbaru, Kota dengan Perputaran Uang Tertinggi di Luar Pulau Jawa

15 Mei 2022
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru menggagas Kota Metropolitan Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan (Pekansikawan) sejak 2016 lalu. Gagasan itu terwujud pada 2019 bersama 20 kawasan metropolitan lainnya di Indonesia.

Saat ini, akses ke Pekansikawan telah dibuka. Masyarakat di daerah hinterland (pinggiran) Pekansikawan telah dimudahkan dengan akses transportasi, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), pendidikan, dan fasilitas kesehatan. 

Dari segi transportasi, Pemko Pekanbaru telah menyediakan angkutan massal aglomerasi Pekansikawan. Rute angkutan massal (bus Trans Metro Pekanbaru) antara lain, Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS)-Simpang Sungai Pinang, Terminal BRPS-Rimbo Panjang, Terminal BRPS-Marpoyan (via Kubang Raya), Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai-Minas, dan Pasar Tangor-Simpang Beringin.

Dari segi penyediaan air bersih, SPAM Pekanbaru-Kampar tengah dibangun di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Lokasi SPAM ini digagas Firdaus saat masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Riau. 

“SPAM regional lintas Pekanbaru dan Kampar merupakan salah satu agenda pembangunan kawasan Metropolitan Pekansikawan. Artinya, proyek ini didukung Pemprov Riau, Pemko Pekanbaru, dan Pemkab Kampar,” kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Minggu (15/5/2022). 

Dalam hal pendidikan, beberapa sekolah milik Pemko Pekanbaru diisi oleh peserta didik dari kabupaten tetangga. Di bidang kesehatan, beberapa fasilitas kesehatan (faskes) Pemko Pekanbaru turut mengakomodir masyarakat di daerah penyangga Pekansikawan.

Loading...

Setelah fasilitas itu dilengkapi, Pekansikawan berupaya masuk ke level berikutnya yakni kawasan megapolitan. Pada 2021, Kota Pekanbaru ditetapkan oleh Badan Riset Nasional (BRIN) sebagai daerah yang memiliki daya saing sangat tinggi.

Nilai Indeks Daya Saing Kota Pekanbaru dari keempat aspek yang diukur adalah 3.757. Rincian masing-masing aspek adalah Aspek Ekositem Inovasi sebesar 3.94, Aspek Penguat/ Enabling Environtment sebesar 3.21, Aspek Sumber Daya Manusia/ Human Capital sebesar 4.00, dan Aspek Pasar sebesar 3.88.

"Pekanbaru merupakan kota dengan perputaran uang tertinggi di luar pulau Jawa. Pekanbaru juga merupakan kota tujuan investasi nasional sekitar delapan tahun berturut-turut," pungkas Firdaus.