Pertumbuhan Penduduk yang Pesat Dorong Pemko Pekanbaru Lebih Kompetitif

Pertumbuhan Penduduk yang Pesat Dorong Pemko Pekanbaru Lebih Kompetitif

15 Mei 2022
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Istimewa.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Kualitas lingkungan itu berkontribusi 40 persen terhadap kesehatan masyarakat, gaya hidup sebesar 30 persen, pelayanan medis 20 persen, dan genetic 10 persen. Pada sisi lain, ikhtiar untuk menjadikan kota Pekanbaru lebih kompetitif melalui peluang baru yang disediakan oleh desentralisasi, mempersiapkan strategi pembangunan yang memberikan dampak luas terhadap ekonomi, investasi dan sosial, menjadi bagian penting dalam menuju kota yang dicintai oleh warganya. 

Upaya ini juga telah mendorong manajemen publik yang lebih efektif dan efisien. Dalam meningkatkan tata kelola pelayanan, Pemko Pekanbaru mendirikan Mal Pelayanan Publik (MPP). MPP ini merupakan sebuah terobosan dalam pelayanan yang terintegrasi dan terpadu. 

Pertumbuhan penduduk yang terus melaju pesat menjadi modal utama bagi Pemko Pekanbaru untuk memoles ide dalam menutupi kekurangan sumber daya alam yang dimiliki. Berdasarkan catatan statistik, pertumbuhan penduduk Kota Pekanbaru sebesar 4,5 persen per tahun dengan komposisi penduduk yang heterogen, multietnik, dan multiagama. Jumlah penduduk tercatat sebanyak 1,136,557 jiwa pada malam hari dan 1,4 juta jiwa pada saat siang hari.

"Sebagai tahapan awal untuk mencapai masyarakat madani, saya dan Ayat Cahyadi melakukan perubahan cara berpikir dan berperilaku melalui revolusi mental, membangun masyarakat berakhlak mulia, berkarakter dan berkualitas. Revolusi mental merupakan gerakan perubahan dalam menciptakan masyarakat yang mandiri, tangguh, dan berdaya saing melalui peningkatan akhlak, pembentukan karakter dan kualitas masyarakat atau gerakan menciptakan masyarakat madani," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Minggu (15/5/2022).