Penduduk Kota Metropolitan Pekansikawan Capai 2,3 Juta Jiwa

Penduduk Kota Metropolitan Pekansikawan Capai 2,3 Juta Jiwa

15 Mei 2022
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Istimewa.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Sejalan dengan bergulirnya otonomi daerah dan bergantinya kepemimpinan, Pekanbaru terus berkembang pesat dan menjelma menjadi kota yang luar biasa di Indonesia dalam 10 tahun terakhir. Dengan posisi wilayah yang sangat strategis, Pekanbaru memiliki potensi yang unik karena berada tepat di tengah Provinsi Riau dan jantung pulau Sumatera.

Pekanbaru dikelilingi daerah yang kaya dengan sumber daya alam. Pekanbaru berada pada jalur Lintas Timur Sumatera dan sekaligus berfungsi sebagai pintu gerbang Indonesia bagian barat menuju kawasan Asia, Amerika, dan Eropa.

Pekanbaru telah menjelma menjadi kota harapan baru di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Di samping berkembang menjadi sebuah metropolitan, Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan (Pekansikawan) juga tumbuh menjadi salah satu pusat kegiatan nasional dan memberi pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi regional khususnya wilayah Sumatera.

"Kerja sama ini bertujuan untuk peningkatan efisiensi dan efektifitas pelayanan publik, percepatan pengembangan daerah perbatasan, pengelolaan potensi daerah dengan saling menguntungkan demi kepentingan masyarakat. Kerja sama ini juga bertujuan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik yang efektif dan efisien di wilayah Pekansikawan yang memiliki penduduk 2,3 juta jiwa," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Minggu (15/5/2022). 

Pekansikawan adalah kerja sama regional untuk percepatan pertumbuhan kawasan dalam pembangunan kota yang modern, melalui konsep smart city (kota pintar), liveable city (kota layak hidup), dan greencity (kota hijau). Pemimpin kota yang baik harus memikirkan pertumbuhan regional.

Ketika kota metropolitan berkembang, hal itu membutuhkan kerja sama dari wilayah atau kabupaten sekitarnya. Di samping itu, usaha untuk mengintegrasikan lingkungan ke dalam pengambilan keputusan ekonomi sangat penting untuk pertumbuhan cerdas. 

Kota Pekanbaru harus berinvestasi dalam infrastruktur dalam membangun sumber daya manusia dan pelayanan. Agar, masyarakat bisa hidup dengan layak berkualitas, efektif, dan efisien.