Islamic Center Selesai Dibangun, Pemko Pekanbaru Beralih ke Proyek Monumen Bahasa

Islamic Center Selesai Dibangun, Pemko Pekanbaru Beralih ke Proyek Monumen Bahasa

24 Januari 2022
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Masjid Islamic Center telah selesai dibangun di dalam Kompleks Perkantoran Tenayan Raya pada akhir 2021. Kini, Pemko Pekanbaru akan membangun monumen dan museum bahasa. 

"Kami sedang mempersiapkan pembangunan Monumen Nasional Bahasa dan Museum Bahasa. Monumen ini sebagai bentuk penghargaan bahwa bahasa Indonesia berasal dari tanah Melayu yaitu Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri)," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Senin (24/1/2022). 

Monumen dan museum bahasa ini juga mengingatkan kepada anak cucu bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bahasa Indonesia itu berasal dari negeri Melayu.

"Jadi, kami membangun Tugu Roda Terbang, Monumen dan Museum Bahasa, dan Islami Center di dalam Kompleks Perkantoran Tenayan Raya. Bangunan-bangunan ini dapat menjadi destinasi wisata," ucap Firdaus. 

Dari tiga bangunan itu, hanya Islamic Center yang telah selesai dikerjakan pada akhir 2021. Masjid Islami Center itu sudah digunakan untuk salat Jumat perdana pada 14 Januari 2022.

Loading...

Untuk diketahui, pembahasan pembangunan monumen dan museum bahasa ini melibat Lembaga Adat Melayu (LAM) Pekanbaru dan Universitas Lancang Kuning (Unilak) pada awal 2021. Monumen dan museum bahasa akan dibangun di lahan 10 hektare. 

Monumen dan museum bahasa akan dibangun tahun ini. Pemko Pekanbaru meminta izin dan anggaran pemerintah pusat dalam pembangunan monumen dan museum bahasa ini.