f Vaksin Booster Mulai Berlaku di Pekanbaru, Khusus Lansia Bulan Ini | RIAU1.COM
//riau1.com/

#pekanbaru

Vaksin Booster Mulai Berlaku di Pekanbaru, Khusus Lansia Bulan Ini

R1/surya


Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1. Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Penyuntikan vaksin booster (dosis ketiga) telah mulai dilakukan di Pekanbaru sejak 12 Januari 2022. Pada tahap awal ini, penyuntikan vaksin booster hanya khusus bagi warga lanjut usia (lansia). 

"Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan bahwa vaksin booster bagi warga lanjut usia dapat dilakukan mulai 12 Januari. Vaksin booster ini hanya bagi para lansia yang sudah menjalani vaksinasi pertama dan kedua," kata Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy, Jumat (14/1/2022). 

www.jualbuy.com

Baca Juga: Progres Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Capai 40,2 Persen di Pekanbaru

Bagi lansia, Dinkes Pekanbaru bisa menggunakan vaksin yang homolog atau yang sejenis dari vaksin yang disuntikkan sebelumnya. Vaksin heterolog atau jenis berbeda juga dapat digunakan sebagai booster.

"Namun, vaksin booster bagi anak-anak yang direkomendasikan hanya jenis Sinovac," jelas Dokter Bob, sapaan akrabnya.

Baca Juga: Masih Pandemi Covid-19, Pemko Pekanbaru Gencarkan Vaksinasi Anak

Vaksinasi booster khusus lansia bisa dilakukan di fasilitas kesehatan yang terdiri dari 21 puskesmas dan 22 rumah sakit. Vaksin booster bagi lansia juga dapat dilakukan di tiga vaksin center seperti RS Bhayangkara (eks Mapolda Riau), Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo, dan Puskesmas Sapta Taruna. 

"Namun, semua itu tergantung persediaan vaksin," ucap Dokter Bob.





Loading...
loading...