25 Pelajar SMP dan SMA Islam Abdurrab Pekanbaru Positif Corona Menghilang Saat Isoter

25 Pelajar SMP dan SMA Islam Abdurrab Pekanbaru Positif Corona Menghilang Saat Isoter

29 November 2021
Plt Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Arnaldo Eka Putra. Foto: Surya/Riau1.

Plt Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Arnaldo Eka Putra. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Sekitar 25 pelajar SMP dan SMA Islam Abdurrab Pekanbaru positif corona menghilang saat menjalani isolasi terpusat (isoter). Padahal, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru telah mengizinkan 127 pelajar dan guru menjalani isoter setelah terjadi penolakan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Pekanbaru Dokter Arnaldo Eka Putra, Senin (29/11/2021) malam, membenarkan informasi terkait kaburnya 25 pelajar SMP dan SMA Abdurrab positif corona saat menjalani isoter. Para pelajar itu dibawa keluarganya. 

"Kami tidak tahu bagaimana bisa dibawa paksa keluarganya. Kini, tim kami sedang di sana yang terdiri dari tenaga kesehatan (nakes) Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani dan kepolisian," ungkapnya. 

Tim sedang meminta data 25 pelajar yang dibawa pulang orang tua atau walinya. Namun, pihak yayasan terkesan menutupi.

"Ini kesulitan kami di lapangan. Sampai sekarang, tim kami masih di sana," ujar Dokter Naldo. 

Pada awalnya, ada 113 pelajar positif corona pada 26 November lalu. Setelah dilakukan pelacakan kontak, sebanyak 127 orang positif corona. 

"Mereka yang positif itu terdiri dari pelajar dan guru. Awalnya, seluruh yang positif corona menjalan isoter," jelas Dokter Naldo. 

Loading...

Saat akan dipindahkan dari sekolah itu, terjadi penolakan dari orang tua murid. Perdebatan terjadi dengan tim RSD Madani. 

"Akhirnya, kami izinkan isoter di situ. Kami datangkan nakes ke sana. Ternyata tanpa sepengetahuan kami, ada 25 orang dipaksa wali murid untuk dibawa pulang," ucap Dokter Naldo. 

Saat ini, 25 pelajar yang menghilang itu sedang dicari datanya. Tim Dinkes dan Polresta Pekanbaru masih berada sekolah itu hingga malam ini. 

"Mereka (pihak yayasan) terkesan lambat seperti ada yang ditutupi. Kabid P2P Dinkes, kepala Puskesmas Garuda, dan tim Epidemiologi, dan Polsek Bukit Raya masih berada di sekolah itu," sebut Dokter Naldo.