3 Proyek Besar Dibangun di Pekanbaru, Wali Kota: Ini Kebutuhan Kota Maju

3 Proyek Besar Dibangun di Pekanbaru, Wali Kota: Ini Kebutuhan Kota Maju

13 September 2021
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Tiga proyek berskala besar tengah dibangun di Kota Pekanbaru saat ini. Tiga proyek nasional ini menandakan bahwa Pekanbaru semakin maju di masa pandemi corona. 

Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Senin (13/9/2021), mengatakan, pembangunan jaringan pipa air kotor (Instalasi Pengolahan Air Limbah) yang sudah masuk tahun ketiga. Proyek ini dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). 

Proyek ini juga merupakan pilot project (proyek percontohan). Kota Jambi, Palembang, dan Makassar juga sedang dibangun proyek ini.

"Kami juga sedang memasang pipa air bersih. Proyek ini merupakan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dari Kementerian Keuangan," ungkap Firdaus.

Kemudian, pipa untuk SPAM Regional (Pekanbaru-Kampar) juga sedang dipasang. Untuk wilayah Pekanbaru, pipa air bersih dibangun di Kecamatan Bukit Raya, Marpoyan Damai, dan Binawidya, dan Tuah Madani.

Kapasitasnya 1.000 liter per detik. Sebanyak 70 persen air bersih dari Kabupaten Kampar dialirkan di Pekanbaru. Sedangkan 30 persen air bersih lagi melayani Kabupaten Kampar di Kecamatan Tambang, Siak Hulu, dan Tapung. 

"Ini adalah kebutuhan sebuah kota yang maju. Mari kita dukung. Saya minta maaf kepada warga karena jalanan menjadi compang-camping. Ditambah lagi dengan kondisi PPKM," ucap Firdaus.