f Stok Vaksin Sinovac di Pekanbaru Akan Normal Bulan Depan | RIAU1.COM
//riau1.com/

#pekanbaru

Stok Vaksin Sinovac di Pekanbaru Akan Normal Bulan Depan

R1/surya


Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1. Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Kota Pekanbaru masih kekurangan vaksin Sinovac hingga kini. Diperkirakan, tambahan vaksin dalam jumlah besar akan diperoleh pada Agustus 2021 nanti. 

Wali Kota Pekanbaru Firdaus usai penyerahan bantuan sosial (bansos) beras kepada warga di halaman Kantor Kelurahan Labuhbaru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, Rabu (21/7/2021), mengatakan, persoalan saat ini adalah kuota vaksin. Rencananya, ada 41.000 dosis untuk Riau pekan ini. 

"Namun, kami mendapat tambahan vaksin yang kecil. Sementara, kami membutuhkan 80.000 dosis untuk vaksin kedua," ujarnya. 

Baca Juga: 3.189 KK Terima Bansos Beras di Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru

Sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Indonesia rebutan dengan negara lain saat membeli vaksin ke pabriknya. Indonesia juga tak membeli dengan satu produk vaksin. 

Tapi, ada beberapa jenis vaksin. Karena, ada 216 negara yang terpapar Covid-19. Kemudian, distribusinya disesuaikan dengan kondisi.

Baca Juga: Kuburan Khusus Pasien Corona Terisi 20 Persen di Pekanbaru

"Sekarang, masyarakat Jawa dan Bali yang paling membutuhkan vaksin. Karena, mereka sedang melaksanakan PPKM level 4 (istilah PPKM Darurat tak digunakan lagi)," ungkap Firdaus. 

Kota Pekanbaru tak ada yang masuk PPKM level 4. Jadi, vaksinasi diutamakan untuk PPKM level 4.

"Dalam rapat awal pekan kemarin, presiden juga mengatakan, kontrak pembelian vaksin akan diperbanyak. Artinya, kita akan mendapat tambahan vaksin dalam jumlah banyak pada Agustus nanti," ucap Firdaus. 





Loading...
loading...