Dinkes Pekanbaru Punya Stok 30.530 Dosis Vaksin Sinovac

Dinkes Pekanbaru Punya Stok 30.530 Dosis Vaksin Sinovac

7 Juni 2021
Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru masih memiliki persediaan vaksin 30.530 dosis vaksin Sinovac. Sementara, stok vaksin 50.000 dosis kiriman Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah habis digunakan untuk vaksinasi massal.

"Persediaan vaksin di gudang 30.530 dosis. Ini stok vaksin di luar 50.000 dosis," kata Sekretaris Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy di Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Senin (7/6/2021).

Vaksin 50.000 dosis ini sudah habis digunakan pekan lalu. Jadi sampai saat ini, total warga yang mendapat vaksin pertama 178.534 orang hingga kemarin. Kemudian, dosis kedua 86.652 orang.

"Saat ini, kami melakukan vaksinasi dengan bus vaksinasi keliling. Bus vaksinasi keliling ini guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Dokter Bob, sapaan akrabnya. 

Jadi, tidak ada lagi alasan belum divaksin karena tempatnya jauh. Bus vaksinasi keliling juga sekaligus sebagai sarana edukasi kepada masyarakat bahwa sebenarnya vaksinasi ini aman dan halal. 

"Yang paling penting, vaksinasi itu gratis. Jadi, vaksinasi massal maupun vaksinasi rutin di puskesmas dan rumah sakit, semuanya gratis," jelas Dokter Bob. 

Warga yang sudah divaksin lebih kecil kemungkinan terkena corona. Warga bukan berarti tak bisa terkena.

"Kalaupun terkena, risikonya lebih kecil," ucap Dokter Bob.